Find Us On Social Media :

Kini Gojek Punya 2 Juta Mitra Pengemudi dan 900 Ribu Merchant

By Adam Rizal, Sabtu, 14 November 2020 | 12:30 WIB

Gojek

Gojek telah menginjak usia 10 tahun. Dalam satu dekade, ada banyak perubahan dan pertumbuhan yang berhasil dicapai. Salah satunya adalah jumlah mitra yang tumbuh signifikan.

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo mengatakan saat ini Gojek memiliki sebanyak lebih dari 2 juta mitra di seluruh Asia Tenggara. Andre mengatakan, angka tersebut di luar ekspektasi. Menurut Andre, saat Gojek masih berupa layanan call center ojek di Jakarta, jumlah mitra yang bekerja sama dengan Gojek bisa dihitung dengan jari.

"Hanya 20 mitra pada tahun 2010. Sampai sekarang, sudah ada lebih dari dua juta mitra di seluruh Asia Tenggara. Pada saat itu kami hanya layanan call center ojek di Jakarta dan sekarang menjadi aplikasi super yang beroperasi di empat negara di Asia Tenggara dengan lebih dari 20 layanan," kata Andre.

Selain dua juta mitra ojek, Gojek juga kini memiliki sebanyak 900.000 merchant. Menurut Co-CEO Gojek Kevin Aluwi, Gojek melakukan strategi yang bisa mendongkrak pertumbuhan perusahaan.

"Awal-awal kita tidak menyangka dapat membawa Gojek menjadi perusahaan mancanegara yang bisa membanggakan Indonesia," ungkap Kevin Aluwi dalam konferensi pers Hari Jadi ke-10 Gojek.

Baca Juga: Inilah Strategi Paragon Technology dalam Memasuki Era Industri 4.0

Selain peningkatan jumlah mitra dan merchant selama 10 tahun terakhir Gojek pun telah mendapat sejumlah pencapaian, yaitu sebagai berikut:

1. 2017, Gojek menjadi satu-satunya perusahaan di Asia Tenggara yang masuk daftar "50 Companies That Changed The World" versi majalah Fortune.

2. 2017, GoPay dinobatkan sebagai Perusahaan Teknologi Finansial yang paling proaktif dalam mendukung gerakan nasional Non-Tunai oleh Bank Indonesia.

3. Pendiri Gojek, Nadiem Makarim masuk dalam daftar "2018 Bloomberg 50" sebagai tokoh bisnis paling berpengaruh di dunia.

4. Mei 2019, Nadiem Makarim dianugerahi penghargaan "24th Nikkei Asia Prize" untuk kategori Inovasi Ekonomi dan Bisnis.

5. 2019, Gojek masuk dalam daftar 10 besar "BrandZ Most Valuable Indonesian Brand". Gojek menempati posisi enam dan unggul sebagai "The Most Valuable Digital Brand" berdasarkan aspek-aspek Purpose, Innovation, Communications, Experience, dan Love.