Find Us On Social Media :

Google dan Temasek Kucurkan Dana ke Tokopedia, Ini Nilai Investasinya

By Adam Rizal, Selasa, 17 November 2020 | 15:30 WIB

Tokopedia

Perusahaan multinasional Google dan perusahaan investasi asal Singapura, Temasek, membenamkan investasi di Tokopedia.

Investasi itu datang segera setelah Microsoft menyuntikkan modal ke Bukalapak, salah satu saingan Tokopedia.

Investasi itu mencerminkan ketertarikan perusahaan teknologi besar AS kepada unicorn Indonesia.

Perusahaan teknologi asal AS itu melihat prospek investasi di Asia yang besar karena pertumbuhan ekonomi di AS dan Eropa yang melambat.

Para investor melihat Indonesia adalah pasar terbesar ketiga di Asia melihat dari jumlah populasi.

Mengutip Nikkei, kini Google memegang 1,6 persen saham Tokopedia. Sementara Anderson Investments yang berafiliasi dengan Temasek memiliki 3,3 persen saham.

Data tersebut diambil dari dokumen yang diajukan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia, tertanggal 4 November 2020.

Adapun saham Tokopedia yang dipegang Google bernilai 1,1 juta dollar AS atau Rp16,7 miliar, sedangkan saham yang dimiliki Anderson bernilai Rp33,4 miliar.

Kendati demikian, angka tersebut belum mencerminkan berapa modal yang disuntikkan oleh ketua perusahaan teknologi asal AS itu. Pasalnya investasi bisa datang dalam beberapa tahap.

Di kemudian hari, Google dan Temasek bisa saja meningkatkan kepemilikan saham mereka di unicorn Indonesia yang satu ini.

Bloomberg pada bulan lalu sempat melaporkan, Tokopedia memang berencana mengumpulkan sekitar 350 juta dollar AS dari kedua belah pihak, yakni Google dan Temasek.

Meski demikian, Softbank Group tetap menjadi pemegang saham terbesar di Tokopedia dengan share 33,9 persen. Kepemilikan saham Sofbank itu melalui berbagai entitas, termasuk Vision Fund.