Find Us On Social Media :

Ini Resiko Beli Layanan Google Drive Unlimited di E-commerce

By Administrator, Sabtu, 21 November 2020 | 20:15 WIB

Ilustrasi Google Drive

Penulis: Alfons Tanujaya, Information Technology Security Specialist, Vaksincom

Bagi Anda pengguna layanan penyimpanan data berbasis cloud, tentunya tidak asing dengan salah satu layanan yang bernama Google Drive. Seperti diketahui, layanan besutan Google ini memberikan ruang penyimpanan sebesar 15 GB gratis seumur hidup untuk semua pelanggannya.

Tetapi, faktanya kuota 15 GB tersebut tidak cukup bagi sebagian besar pelanggan Google Drive saat ini. Google pun menawarkan opsi ke pelanggannya untuk upgrade dengan harga bervariasi tergantung kuota bandwidth yang di inginkan.

Penawaran Kuota Tambahan Google Cloud

Sebagai contoh, jika Anda ingin meningkatkan kuota Google Drive menjadi 2 TB biaya langganan bulanan yang dikenakan yakni Rp270.000 per bulan. Sementara untuk biaya langgan kuota 10 TB dan 20 TB, masing-masing dikenakan Rp1.350.000 dan Rp2.700.000 per bulan. Jadi, dapat dikatakan kira-kira biaya kuota bandwidth per 1 TB-nya dari layanan ini adalah Rp135.000 per bulan.

Namun demikian, akhir-akhir ini banyak ditemui iklan di berbagai platform e-commerce, baik luar negeri maupun dalam negeri, yang menawarkan layanan Google Drive dengan harga yang tidak masuk akal.

Sudah unlimited alias kuota tidak terbatas, dapat dinikmati seumur hidup lagi. Tentunya, banyak pelanggan Google Drive yang tergoda ketika melihat iklan tersebut.

“Cukup bayar satu kali sudah bisa menikmati layanan digital Google Drive dengan kuota tidak terbatas seumur hidup,” demikianlah bunyi iklan yang banyak di temui di situs e-commerce Indonesia.

Harganya juga tidak mahal-mahal amat, hanya membayar Rp100.000 saja, pelanggan sudah bisa mendapatkan keuntungan seperti:

Penawaran Google Drive Unlimited Seumur Hidup, Hanya Sekali Bayar

Bagaimana tidak banyak tergiur, sudah mendapatkan akses unlimited, bayar lebih murah dari iuran Google Drive di mana yang lebih sedikit kuotanya saja seperti 2 TB harus bayar Rp270.000 per bulan.

Sedangkan di iklan tersebut, “cuma” bayar Rp100.000 saja sudah dapat kuota unlimited dan akses seumur hidup. Ibaratnya, ada yang jual jeruk lebih murah dari harga modalnya petani jeruk.

Tunggu dulu, Ada yang Lebih Murah