Find Us On Social Media :

Anda Wajib Tahu!, 5 Fitur Terbaru WhatsApp dan Cara Memakainya

By Adam Rizal, Senin, 23 November 2020 | 17:00 WIB

WhatsApp

WhatsApp telah meluncurkan fitur-fitur terbaru untuk aplikasi chatting seperti misalnya pesan yang bisa menghilang sendiri dan manajemen storage untuk menghemat pemakaian memori smartphone.

Berikut ada lima fitur baru yang berguna dalam aktivitas obrolan pesan singkat sehari-hari, berikut cara memakainya. Kelima fitur ini sudah bisa dipakai oleh para pengguna WhatsApp di Indonesia.

Selengkapnya sebagai berikut.

1. Always Mute

Sering terganggu oleh notifikasi pesan dari orang lain atau grup yang ramai? Always Mute bisa membantu. Seperti namanya, fitur Always Mute memiliki fungsi untuk membungkam (mute) notifikasi percakapan grup atau pribadi selamanya.

Sebelum kehadiran Always Mute, pengguna WhatsApp hanya bisa mematikan notifikasi di grup WhatsApp paling lama setahun. Opsi Always Mute sendiri menggantikan durasi mute selama satu tahun. Sementara opsi mute lainnya masih sama, yakni berdurasi delapan jam dan seminggu.

Adapun cara untuk mute notifikasi selamanya mudah saja. Pertama-tama, buka WhatsApp dan tekan (hold) percakapan grup atau pribadi yang ingin dimatikan notifikasinya hingga muncul tanda centang.

Lalu, klik ikon yang menyerupai speaker di bagian kanan atas tampilan dan pilih opsi "Always". Setelah itu, klik tombol "OK".

2. Advanced Search

Berbeda dari fitur Search biasa, Advanced Search bisa mencari pesan di WhatsApp secara spesifik berdasarkan jenisnya. Fitur pencarian yang lebih canggih ini dimaksudkan untuk mempermudah pengguna ketika ingin menelusuri file berupa foto, video, audio, dokumen, link, atau stiker GIF yang pernah dikirim melalui aplikasi perpesanan tersebut.

Untuk cara menggunakannya, pengguna cukup mengeklik ikon Search di sebelah kanan atas tampilan utama WhatsApp yang berbentuk seperti kaca pembesar. Setelah itu, WhatsApp akan menampilkan kategori file apa yang akan dicari misalnya foto, video, audio, tautan, GIF, sampai dokumen.

Kemudian, pilih salah satu jenis file yang ingin dicari dan WhatsApp akan menyortir pesan berdasarkan jenis tersebut. Pengguna lantas bisa dengan mudah mengetikkan kata kunci yang berkaitan untuk mempermudah pencarian.