Find Us On Social Media :

Impresi Pertama ColorOS 11 Beta pada Smartphone OPPO Find X2 Pro

By Dayu Akbar, Sabtu, 28 November 2020 | 10:00 WIB

ColorOS 11.

Mengikuti perkembangan sistem operasi Android yang terus diperbarui, OPPO juga bergerak cepat dengan memperbarui sistem operasi (atau lebih tepatnya antarmuka pengguna atau user interface) miliknya, yaitu ColorOS. Tidak berselang lama dari hadirnya Android 11, hadir pula ColorOS 11. Namun, sampai artikel ini dibuat, OPPO baru merilis versi beta dan sudah mempersilakan penggunanya untuk mencoba versi tersebut lebih dahulu.

Sebagai informasi, versi terakhir sebelum ColorOS 11 ini adalah ColorOS 7.2. Penggunaan nama ColorOS 11 sendiri merujuk pada Android 11 yang digunakannya. Pengguna yang ingin mencoba sebelum versi finalnya hadir, bisa mencoba versi beta yang sudah bisa diunduh di smartphone OPPO tertentu. Pembaruannya sendiri memang cukup besar yaitu 4,2 GB. Tidak heran, karena banyak sekali fitur-fitur baru yang diadopsi ColorOS 11.

Sampai artikel ini dibuat, untuk pembaruan ke ColorOS 11, OPPO hanya menyediakan bagi beberapa seri saja. OPPO Reno4 F menjadi yang pertama menerima pembaruan versi final pada 12 November 2020, sedangkan seri Find X2 akan menyusul pada akhir bulan ini. Versi resmi akan menjangkau lebih dari 30 perangkat OPPO, termasuk seri Reno dan A secara bertahap sampai Desember 2020.

Untuk mengintip seperti apa perubahan ataupun pembaruan yang ada pada ColorOS tersebut, kami berkesempatan mencoba versi betanya pada salah satu seri flagship OPPO, yakni Find X2 Pro yang punya kisaran harga cukup tinggi Rp18.000.000. Berikut beberapa fitur yang berhasil kami temukan di versi beta tersebut.

Personalisasi

OPPO mengubah beberapa pengaturan agar smartphone yang digunakan menjadi terasa lebih personal. Ada banyak hal baru sehubungan personalisasi yang ditampilkan di sini. Di antaranya dengan hadirnya perubahan untuk mengganti Themes dan Wallpaper, Icon Styles dan Home Screen, Color Scheme, sampai mengganti Font. Semua pilihan ini ada dalam kategori Personalizations.