Find Us On Social Media :

Perbedaan Spesifikasi Flagship Xiaomi Mi 10, Mi 10T, dan Poco F2 Pro

By Adam Rizal, Minggu, 13 Desember 2020 | 11:30 WIB

Xiaomi Mi 10T

Xiaomi resmi meluncurkan duo smartphone flagship terbarunya Mi 10T dan 10T Pro sebagai pelengkap dari Mi 10 yang diluncurkan lebih dulu Mei lalu. Ketiga smartphone itu termasuk Poco F2 Pro mengusung System-on-Chip (SoC) Snapdragon 865.

Meski kompak mengandalkan chipset serupa, Mi 10, 10T, 10T Pro, dan Poco F2 Pro memiliki sejumlah fitur spesifik yang menyasar target konsumen yang berbeda.

Hal tersebut disampaikan oleh Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, dalam sesi tanya jawab yang digelar setelah acara peluncuran virtual Mi 10T dan 10T Pro.

Menurut Alvin, Xiaomi Mi 10 mengincar perangkat premium dengan desain dan teknologi terkini. Smartphone itu mengusung AMOLED dan melengkung (curved) di kedua sisinya.

"Mi 10 memiliki desain terkini dan paling mewah (dari Mi 10T/10TPro/PocoF2 Pro) dan menyasar pasar premium secara umum. Layarnya juga sudah AMOLED dan punggungnya sudah dibekali empat kamera," kata Alvin.

Desain Mi 10T dan 10T Pro sendiri tidak secantik Mi 10 dan sisi-sisinya rata (flat), tidak curved. Sebab, perangkat ini ditujukan bagi konsumen yang gemar menikmati aneka konten hiburan dan game.

Hal ini kemudian menjadi sebuah alasan, mengapa kedua ponsel tersebut, meski mengusung panel IPS LCD, memiliki layar dengan refresh rate 144 Hz, alih-alih 90 Hz seperti Mi 10.

Berbeda dengan Mi 10, 10T, dan 10T Pro, Poco F2 Pro sendiri menyasar kepada konsumen generasi muda yang lebih spesifik. Misalnya, mereka yang hobi bermain game, yang ingin tampil beda, pecinta gadget, dan lain sebagainya.

"Poco F2 Pro menyasar ke grup yang lebih spesifik, seperti hardcore gamers, gadget lovers, generasi muda, dan lain sebagainya. Itulah mengapa ponsel ini dibekali dengan kamera pop-up, yang mungkin saja tidak cocok untuk sebagian orang," imbuh Alvin.

Perbedaan fitur utama Terlepas dari chipset, Mi 10, 10T, 10T Pro, dan Poco F2 Pro sebenarnya memiliki layar dengan diagonal yang sama persis, yakni 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus.

Hanya saja, Mi 10 dan Poco F2 Pro mengusung panel Super AMOLED, sedangkan Mi 10T dan 10T Pro hanya IPS LCD.

Karena layarnya sudah AMOLED, Mi 10 dan Poco F2 Pro mendukung fitur biometrik pemindai sidik jari (fingerprint) yang sudah dibenamkan di bawah permukaan layar dan memiliki fitur Always-on Display (AoD).