Find Us On Social Media :

Ini Empat Tips Meningkatkan Bisnis Online Bagi Pelaku UMKM di 2021

By Rafki Fachrizal, Selasa, 15 Desember 2020 | 12:30 WIB

Ilustrasi Bisnis Online

Pandemi yang masih terjadi hingga saat ini faktanya telah memberikan dampak yang sangat negatif bagi para pebisnis, terlebih kepada para pelaku UMKM.

Pada kenyataannya, 90% kegiatan UMKM telah terganggu dikarenakan pandemi COVID-19. Begitupun tekanan yang dirasakan berdampak pada penurunan omset para pelaku UMKM hingga 72,6%, dan juga terhambatnya proses penyaluran modal.

Pandemi COVID-19 menjadikan segala situasi menjadi serba tidak pasti – jumlah kasus yang terus bertambah membuat laju perekonomian melambat, ditambah produktivitas masyarakat yang kian menurun dikarenakan adanya pembatasan aktivitas di luar rumah.

Namun, menurut Eric Handoyo, CEO Bitlabs Academy, sebuah platform belajar online untuk peningkatan skill digital, bukan berarti dengan adanya pembatasan tersebut lantas pelaku UMKM tidak dapat melakukan inovasi bisnis.

Justru, ia beranggapan bahwa kini pelaku UMKM harus memikirkan strategi untuk beradaptasi dengan situasi yang ada dengan memikirkan langkah ke depan, salah satunya dengan beradaptasi dengan teknologi, seperti keberadaan marketplace dan media sosial.

“Teknologi kini menjadi salah satu penopang terbesar di sektor bisnis, apalagi dengan keberadaan internet. Kini, kita mau jualan apa saja bisa dengan mudah melalui internet, baik itu dari marketplace atau media sosial seperti IG. Jadi sepertinya kita akan butuh strategi berbisnis yang lebih inovatif lagi di tahun depan, apabila kita mau meningkatkan omset dari hasil jualan online,” jelas Eric.

Baca Juga: Delapan Tips Akhir Tahun dari Zilingo untuk Para Pelaku UMKM

Berdasarkan penjelasan tersebut, Bitlabs membeberkan beberapa tips yang dapat dilakukan para UMKM untuk meningkatkan omset bisnis secara online. Berikut tipsnya:

1. Riset tren produk

Sebelum lebih dalam membahas strategi marketing yang akan digunakan, penting untuk mengetahui apakah produk yang akan Anda pasarkan merupakan produk yang dicari banyak orang atau tidak.

Hal ini perlu dilakukan guna menghindari upaya yang sia-sia, apabila ternyata produk yang Anda pilih tidak ada peminatnya.

Selain itu, produk yang tepat dengan perencanaan harga jual yang sesuai akan membantu Anda untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah tanpa harus takut rugi dalam biaya promosi.

2. Maksimalkan channel marketplace