Find Us On Social Media :

NetApp Luncurkan Layanan Ini, Indonesia Salah Satu Pasar Pertama

By Liana Threestayanti, Rabu, 16 Desember 2020 | 21:30 WIB

Ilustrasi layanan NetApp Cloud Volumes Service.

NetApp dan Google Cloud mengumumkan ketersediaan containerized NetApp Cloud Volumes Service berbasis software di Asia Pasifik. 

Korea Selatan (Seoul), Hong Kong, dan Indonesia (Jakarta) akan menjadi pasar pertama di Asia Pasifik yang menyediakan layanan ini.  

Layanan penyimpanan berskala enterprise cloud-native ini tersedia melalui Google Kubernetes Engine dan API, serta didukung dengan metode konsumsi pay-as-you-go dari Google. Menurut NetApp, layanan baru ini memungkinkan perusahaan di Asia Pasifik dapat menikmati layanan file storage terbaik di kelasnya dan memanfaatkan kapabilitas pengelolaan data secara lokal di mana workload dioperasikan. 

Ketersediaan layanan berbasis software ini secara regional akan memungkinkan bisnis di Asia Pasifik untuk mengakselerasi pengembang (developers) agar selalu gesit, mendorong produktivitas bisnis, dan meningkatkan efisiensi operasional TI berskala global.  

“Kemampuan untuk menghadirkan data dengan cepat dan aman di manapun dibutuhkan, sangat penting bagi perusahaan atau organisasi, guna mengoptimalkan kinerja di dunia bisnis yang secara konsisten ditentukan oleh beragam ekspektasi baru,” jelas Ana Sopia, Country Manager, NetApp Indonesia. 

Ana mengatakan bahwa pengelolaan data Kubernetes merupakan perjalanan panjang bagi NetApp yang dimulai di cloud. NetApp juga sangat senang dapat memperluas kemitraannya bersama Google untuk menghadirkan Cloud Volumes Service berbasis software bagi pelanggan di Asia Pasifik. "Bersama, dengan kepemimpinan Google Cloud dalam pengembangan aplikasi, analitik dan machine learning, kami dapat membantu perusahaan untuk memimpin dengan data dan menemukan manfaat terbaik dari cloud dan Kubernetes,” ujarnya.

“NetApp Cloud Volume Service membantu banyak organisasi untuk menjalankan aplikasi business-critical yang membutuhkan Enterprise Storage di Google Cloud, seperti SAP, dengan kinerja dan keamanan yang tinggi,” jelas Kevin Ichhpurani, Corporate Vice President, Global Ecosystem, Google Cloud. Kevin juga mengutarakan kegembiraannya karena dapat bekerja sama dengan NetApp untuk memperluas ketersediaan Cloud Volumes Service bagi pelanggan di kawasan Asia Pasifik.

Layanan berbasis software terbaru dari NetApp dan Google kini tersedia di Hong Kong (asia-east2), Jakarta (asia-southeast2), dan Seoul (asia-northeast3). NetApp Cloud Volumes Service for Google Cloud sepenuhnya terintegrasi ke dalam Google Cloud dan menyediakan cloud-native file storage service dengan kinerja, ketersediaan, dan keamanan yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi enterprise secara efisien, seperti Windows dan SAP. Pelanggan dapat menerapkan (deploy) layanan data langsung dari Google Cloud Marketplace. 

Layanan Cloud Volume Service menawarkan beberapa fitur utama:

1.Jangkauan yang lebih luas

Cloud Volumes Service tidak lagi bergantung pada hardware, sehingga layanan ini akan tersedia bagi pelanggan di berbagai kawasan dan zona di mana workloads dioperasikan. 

Pelanggan tidak perlu lagi khawatir pada saat menjalankan (deploy) workloads atau mengakses data di luar kawasan/negara yang menyebabkan biaya dan latensi tinggi.