Find Us On Social Media :

Waresix Akuisisi Startup Trukita Demi Perluas Layanan Logistiknya

By Rafki Fachrizal, Kamis, 17 Desember 2020 | 16:15 WIB

Ilustrasi Waresix

Waresix mengumumkan bahwa perusahaan telah resmi mengakuisisi Trukita, sebuah startup teknologi logistik yang menawarkan jasa angkut barang dan truk untuk pengiriman first mile.

Menurut perusahaan, strategi untuk mengakuisisi Trukita sejalan dengan visi Waresix untuk menciptakan jaringan logistik terbesar di Asia Tenggara.

Dengan selesainya akuisisi ini, Waresix berupaya untuk memperluas jangkauan perusahaan ke ranah pengiriman first mile dan meningkatkan jangkauan layanan bagi shipper dan transporter.

Sebelumnya, Waresix menjalankan pengiriman logistik mid-mile yang memanfaatkan teknologi untuk menghubungkan shipper dan pelaku bisnis dengan berbagai truk dan gudang yang tersedia.

Waresix kini menawarkan layanan logistik end-to-end yang melayani semua aspek rantai pasokan termasuk truk, gudang, transportasi multimoda dan manajemen vendor.

Saat ini, Waresix fokus pada layanan mid-mile di Indonesia dan memanfaatkan teknologi untuk menghubungkan pengirim dan bisnis dengan mulus ke truk dan gudang yang tersedia.

Sementara itu, Trukita mengoperasikan platform marketplace jasa angkut barang dan truk terbesar di Indonesia, di mana mereka menghubungkan pelaku bisnis dengan pemilik truk melalui dukungan teknologi.

Startup ini menyediakan layanan real-time tracking, analisa bisnis, pembayaran online dan optimalisasi supply chain.

Andree Susanto, Co-founder dan CEO Waresix, mengatakan, “Langkah untuk melakukan akuisisi Trukita sebagai perusahaan terdepan di bidang first mile logistics telah sejalan dengan strategi perusahaan untuk melengkapi kemampuan kami di bidang jasa logistik mid mile. Strategi ini memungkinkan kami untuk menggabungkan keahlian dan jaringan perusahaan untuk memperluas jangkauan layanan kami, serta menawarkan rangkaian layanan yang lebih komprehensif kepada pelanggan kami.”

“Dengan menggabungkan kemampuan Trukita dan Waresix, kami akan terus berupaya dalam menurunkan biaya logistik dengan cara penggunaan teknologi yang menekankan pada peningkatan efisiensi dan transparansi secara keseluruhan,” jelas Andree lagi.

Andree menambahkan, langkah Waresix mengakuisisi Trukita akan meningkatkan akses jaringan perusahaan ke lebih dari 10.000 truk dan ratusan konsumen baru, menempatkan Waresix ke posisi terbaiknya untuk meraih lebih banyak peluang di pasar logistik pelabuhan dan laut Indonesia yang nilainya dapat mencapai US$60 Miliar.

Baca Juga: Trukita: Menjawab Masalah Industri Logistik dengan Teknologi

Sementara itu, Ady Bangun, CEO dan Co-Founder Trukita menyampaikan, “Di Trukita, kami melihat banyak peluang untuk bekerja sama dengan Waresix dalam mengatasi masalah efisiensi supply chain logistik di Indonesia, seperti ketidakpastian pengiriman dan tingginya biaya. Kedua perusahaan memiliki visi yang sama untuk mentransformasi sektor logistik ke ranah digital dan menciptakan proses logistik yang lebih efisien.”