Find Us On Social Media :

Lazada Ungkap Tantangan Perusahaan dalam Transformasi Digital di RI

By Adam Rizal, Jumat, 18 Desember 2020 | 09:00 WIB

Lazada

Studi Lazada “Percepatan Ekonomi Digital Melalui eCommerce” Tunjukkan Kesenjangan Digitalisasi Pada Bisnis di Indonesia, Lazada Siap Dukung Bisnis Jalani Transformasi Digital

Lazada Indonesia meluncurkan studi “Percepatan Ekonomi Digital Indonesia melalui eCommerce" yang dilakukan dengan dukungan YCP Solidiance, konsultan manajemen ternama di Asia.

Laporan itu mengungkapkan pentingnya peran eCommerce dalam mendukung sektor bisnis baik perusahaan besar maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan mempercepat terbentuknya struktur ekosistem ekonomi digital yang mumpuni di Indonesia.

UMKM juga menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi tetapi adopsi digital pada UMKM masih rendah. Bila 100 persen perusahaan besar telah menjalankan digitalisasi, baru 13 persen UMKM yang beradaptasi dan mulai melakukan digitalisasi.

Transformasi digital kini menjadi sebuah proses yang pasti terjadi, termasuk transformasi ekonomi nasional dimana nilai ekonomi digital Indonesia pada 2025 diperkirakan mencapai USD124 miliar.

Sektor eCommerce menjadi sektor penopang terbesar pertumbuhan ekonomi digital tersebut dengan perkiraan nilai sebesar USD83 miliar pada 2025. Secara umum, meningkatnya pemanfaatan beragam inovasi dan produk digital oleh masyarakat, baik untuk berbelanja, bekerja atau pun untuk belajar secara daring, merupakan faktor pendorong transformasi digital yang sangat kuat.

Peran eCommerce di era pandemi COVID-19 juga semakin penting, terutama dalam membantu pemulihan ekonomi nasional pada umumnya, dan mendukung kelangsungan usaha UMKM pada khususnya.

Data studi Lazada menunjukkan adanya peningkatan kontribusi yang signifikan dan berkelanjutan dari perdagangan digital dalam lima tahun terakhir, meskipun proporsi antar sektor bisnis tidaklah sama.

Studi juga mengungkapkan adanya fondasi pertumbuhan (building blocks) yang berbeda antara perusahaan besar dan UMKM untuk bisa bertumbuh secara optimal di ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

Salah satu prioritas dalam peta jalan “Making Indonesia 4.0” yang digagas Pemerintah Indonesia dan didukung diantaranya oleh Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian adalah transformasi digital dan Lazada menyelenggarakan studi ini untuk mencari tahu lebih jauh tentang faktor-faktor yang dapat mempercepat transformasi digital untuk mendorong terbentuknya ekosistem ekonomi digital yang andal.

Studi dilakukan selama kurang lebih 2 bulan melalui pendekatan wawancara mendalam (in-depth interview) dan survey kuantitatif. Responden dalam studi ini meliputi perusahaan dan UMKM, asosiasi terkait, pejabat pemerintahan terkait serta pelaku industri eCommerce lainnya.

Mira Tayyiba, S.T., MSEE, Staf Ahli Menteri Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, menegaskan pentingnya transformasi digital ini bagi kemajuan Indonesia.