Find Us On Social Media :

Transaksi Harbolnas 12.12 Tembus Rp11,6 Triliun, Produk ini Terlaris

By Adam Rizal, Jumat, 25 Desember 2020 | 09:00 WIB

Harbolnas 12.12

Momentum Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada 12 Desember lalu atau 12.12 mencatatkan kenaikan transaksi walaupun Indonesia saat ini masih melawan pandemi corona.

Berdasarkan hasil riset dari Nielsen Indonesia, Harbolnas tahun ini mencatat transaksi sebesar Rp 11,6 triliun. Angka itu lebih besar Rp 2,5 triliun atau naik 28 persen dibandingkan tahun lalu.

Director of Nielsen Indonesia Rusdy Sumantri mengestimasi total penjualan saat Harbolnas itu 8,1 kali lebih banyak dibandingkan hari biasa.

"Yang menarik, kenaikan penjualan di wilayah Jawa naik 17 persen, sedangkan di luar Jawa naik hampir dua kali lipat yaitu 97 persen dibandingkan periode sama tahun lalu," ujar Rusdy dalam konferensi virtualnya.

Rusdy mengatakan kontribusi penjualan produk lokal mencapai 48 persen atau Rp 5,6 triliun atau naik Rp 1 triliun dibandingkan tahun lalu. Dia mencatat kategori produk yang paling banyak dicari adalah fesyen sebesar 81 persen, kosmetik sebesar 50 persen, dan teknologi sebesar 36 persen.

Nielsen mencatat beberapa produk yang mengalami kenaikan adalah produk perawatan pribadi (personal care) naik 21 persen, makanan dan minuman naik 19 persen, dan kebutuhan sehari-hari naik 16 persen.

"Pada harbolnas sebelumnya ini tidak terjadi," tutur Rusdy.

Vice President Business Development Blibli dan Project Lead Blibli.com Cindy Kalensang berujar program Harbolnas Histeria yang digelar pada momen 10.10, 11.11, dan 12.12 telah mendorong kenaikan penjualan kategori groceries, produk kesehatan dan kecantikan dan utilities meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan rata-rata transaksi year-to-date.

Selain itu, Blibli.com juga melihat perubahan tren metode pembayaran saat Harbolnas 2020 berlangsung. "Tahun ini, pelanggan menggunakan kemudahan pembayaran non-tunai dalam bentuk uang elektronik, selain metode transfer uang tunai via Virtual Account, kartu kredit, Cash on Delivery (COD) dan internet banking," tutur Cindy.

Blibli melihat bahwa kolaborasi entertainment dan e-commerce telah menjadi strategi yang tepat selama Harbolnas tahun ini. Menurut Cindy, pandemi telah membuat pelanggan menghabiskan semakin banyak waktu untuk berbelanja online di Blibli. Khusus di momen Histeria 12.12 ini, Blibli menunjang pelanggan dalam memenuhi kebutuhan dengan menghadirkan beragam promo belanja, gamification, flash sale, jaminan produk, hingga pengiriman cepat.

Chief Executive Officer Shopee Chris Feng mencatat 12 juta produk berhasil terjual dalam waktu 24 menit pertama. Selain itu Shopee mencatat penjualan tertinggi yaitu 1 juta produk terjual dalam 1 menit. Pengguna Shopee juga terctat menghabiskan lebih banyak waktu dalam game dan fitur diaplikasi Shopee dengan tawaran berbagai jenis hadiah.

Chris berujar peningkatan dalam aktivitas belanja online juga sejalan dengan peningkatan penetrasi pembayaran digital. Transaksi yang menggunakan ShopeePay, dompet digital milik Shopee, meningkat 18 kali lipat dibanding hari biasa.