Find Us On Social Media :

Nih! Cara Buat Password Instagram Agar Anti Tembus Hacker

By Rafki Fachrizal, Selasa, 29 Desember 2020 | 20:00 WIB

Ilustrasi Instagram

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sering digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia saat ini.

Tidak hanya digunakan untuk berbagi foto/video milik pengguna pribadi saja, Instagram juga telah digunakan banyak perusahaan/organisasi dan brand untuk mengenalkan bisnisnya ke lebih banyak orang, baik lewat akun resmi maupun fitur iklan (Instagram Ads).

Berdasarkan data yang dirilis Napoleon Cat pada periode Januari hingga Mei 2020, di Indonesia saja jumlah pengguna Instagram sudah mencapai angka 69,2 juta (69.270.000) pengguna.

Dengan angka yang fantastis tersebut, tak heran bila para hacker (peretas/penjahat siber) banyak yang menargetkan untuk membobol akun para pengguna Instagram.

Dalam beberapa kasus, hacker melakukan tindakan kejahatan siber ini hanya sekadar iseng saja. Namun, beberapa lainnya justru menjadikan pembobolan akun sebagai langkah awal untuk melakukan tindakan kejahatan yang nantinya lebih merugikan banyak pihak.

Nah bagi Anda pengguna Instagram, sebelum akun Anda menjadi sasaran empuk para hacker, ada baiknya melakukan langkah pengamanan dengan membuat password (kata sandi) yang tidak mudah dibobol.

Baca Juga: Begini Cara untuk Mengubah Kata Sandi Instagram yang Digunakan

Lalu, bagaimana cara membuat password akun Instagram yang baik agar tidak mudah dibobol oleh hacker? Berikut beberapa caranya.

1. Jangan Gunakan Password yang Singkat

Ketika membuat password, tidak hanya untuk akun Instagram saja, jangan pernah membuat password yang singkat atau pendek.

Disarankan, buatlah password dengan panjang lebih dari 10 karakter. Semakin berbeda karakter password yang Anda buat, semakin lama waktu yang diperlukan hacker untuk membobol akun Instagram Anda.

2. Buatlah Kombinasi yang Rumit

Penting diperhatikan, gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol-simbol tertentu, saat membuat password. Dengan begitu, akun Instagram Anda menjadi lebih kuat.