Find Us On Social Media :

Apa saja Fitur-fitur Terbaru Xiaomi MIUI 12.5?

By Adam Rizal, Kamis, 31 Desember 2020 | 09:00 WIB

Xiaomi MIUI 12.5

Tak hanya flagship Xiaomi Mi 11, Xiaomi juga akan meluncurkan sistem antarmuka (UI) terbarunya MIUI 12.5.

Software antarmuka ini merupakan versi baru dari MIUI 12, yang telah dirilis Xiaomi pada Mei 2020 lalu.

Xiaomi MIUI 12.5 menawarkan sejumlah fitur baru dan fokus memberikan performa maupun kinerja yang kini diklaim lebih cepat. Tampilan dan desain MIUI 12.5 juga dirombak, Xiaomi memberikan efek transisi yang mirip seperti sistem operasi iPhone, iOS.

Bloatware (aplikasi bawaan) pada MIUI 12.5 juga diklaim lebih sedikit dibanding sistem antarmuka lainnya. Dalam presentasi, Xiaomi menampilkan hanya 9 aplikasi bawaan di MIUI 12.5, dibandingkan iOS 14.2.1 dengan 11 aplikasi bawaan.

Selain itu, software antarmuka ini juga memiliki konsumsi daya yang 25 persen lebih rendah, dan penggunaan memori yang diklaim lebih irit hingga 20 persen. Penggunaan memori background juga diklaim berkurang 35 persen.

Soal keamanan, MIUI 12.5 membawa mekanisme baru untuk meningkatkan privasi pengguna, seperti kontrol lebih banyak terhadap akses aplikasi untuk melindungi privasinya.

Lantas, apa saja fitur-fitur baru MIUI 12.5?

Berikut ini adalah daftar fitur serta kemampuan baru MIUI 12.5.

1. Motion Effect

MIUI 12.5 memiliki fitur Motion Effect MIUI 12.5 yaitu gerakan yang diklaim berada di level paling tinggi. Menurut Xiaomi, Motion Effect ini memiliki kinerja rendering yang 20 kali lebih kuat dibandingkan MIUI lainnya.

2. Transisi ponsel ke laptop

Lewat fitur ini, pengguna dimungkinkan untuk dapat menghubungkan ponselnya dengan perangkat laptop secara otomatis. Dengan demikian, MIUI 12.5 kini mampu dijalankan lewat laptop untuk melihat notifikasi, menyalin teks, atau membuka sejumlah opsi lainnya. Pengguna juga dapat melakukan tangkapan layar secara langsung dari laptop atau PC dan menutup halaman web yang terbuka pada ponsel.