Find Us On Social Media :

Alibaba Prediksi 10 Tren Teknologi 2021, Dari Semikonduktor Hingga Kota Pintar

By Liana Threestayanti, Kamis, 7 Januari 2021 | 20:45 WIB

Ilustrasi 10 tren teknologi diprediksi Alibaba DAMO Academy.

Alibaba DAMO Academy merilis sepuluh prakiraan tren teknologi terbaru yang berpotensi menyemarakan industri teknologi di tahun 2021 ini.

Inisiatif riset global yang diprakarsai Alibaba Group ini memprediksi mulai dari penggunaan material semikonduktor generasi ketiga, R&D obat dan vaksin yang digerakkan oleh AI, hingga optimasi otomatis pada sistem manajemen data dan pertanian berbasis kecerdasan dari data. Berbagai terobosan teknologi ini diharapkan dapat mempercepat dan memberi dampak ekonomi untuk semua sektor dan masyarakat secara menyeluruh.

“Teknologi telah memainkan peran penting dalam memerangi pandemi sejak awal tahun lalu, dan akan terus membentuk kembali masyarakat dan industri kita melalui model produksi yang inovatif dan layanan cerdas,” kata Jeff Zhang, Head of Alibaba DAMO Academy dan President Alibaba Cloud Intelligence.

Jeff Zhang mengatakan pihaknya dapat bekerja sama dengan para akademisi dan pelaku industri untuk mempercepat eksplorasi batasan-batasan penelitian. Dengan demikian, teknologi akan lebih mudah diakses oleh berbagai sektor bisnis. "Dan bersama-sama, kita dapat menghadapi tantangan akibat pandemi dan mempercepat langkah  ekonomi digital," imbuh Zhang.

Inilah sepuluh prediksi tren teknologi teratas dari DAMO Academy di tahun 2021.

1.Penggunaan bahan semikonduktor generasi ketiga

Bahan semikonduktor generasi ketiga, seperti gallium nitride (GaN) dan silikon karbida (SiC), menjanjikan ketahanan suhu tinggi, breakdown voltage yang tinggi, frekuensi tinggi, daya besar, dan ketahanan radiasi tinggi. Namun, untuk waktu yang lama, penggunaan bahan-bahan ini hanya terbatas pada cakupan bidang yang sempit karena metode pemrosesannya yang kompleks dan biayanya yang tinggi. 

Dalam beberapa tahun terakhir, terobosan dalam pertumbuhan material dan fabrikasi perangkat telah membantu mengurangi biaya material semikonduktor generasi ketiga, sehingga memungkinkan penerapan yang lebih luas. Misalnya, perangkat berbasis SiC digunakan untuk inverter mobil dan pengisi daya cepat berbasis GaN muncul di pasaran. 

Dalam lima tahun ke depan, dunia akan menyaksikan bahan semikonduktor generasi ketiga bermunculan di berbagai bidang seperti stasiun pangkalan 5G, kendaraan yang menggunakan energi baru, pembangkit listrik tegangan ultra tinggi, dan pusat data.

2.Koreksi kesalahan kuantum dan utilitas praktis komputasi kuantum

Tahun 2020 adalah tahun pertama yang berlalu setelah supremasi kuantum tercapai. Pada tahun 2020, investor di seluruh dunia berbondong-bondong beralih ke bidang komputasi kuantum, teknologi dan ekosistem terkait berkembang pesat, selain itu banyak platform komputasi kuantum yang menjadi terkenal. 

Di tahun 2021, tren ini akan mendapat perhatian lebih dari seluruh lapisan masyarakat. Komputasi kuantum harus cukup bernilai agar bermanfaat. Misi di era "pasca-supremasi-kuantum" harus diselaraskan di seluruh industri: untuk mengatasi masalah ilmiah dan teknik kritis melalui inovasi kolaboratif; dan untuk membuka jalan bagi koreksi kesalahan kuantum dan utilitas praktis, dua tonggak penting dalam komputasi kuantum.