Find Us On Social Media :

Sering Kena Bully Saat Main Game Online? Ini Lima Tips Hadapinya

By Rafki Fachrizal, Jumat, 8 Januari 2021 | 21:15 WIB

Ilustrasi eSports

Bagi para pemain game, khususnya di game online, pastinya pernah bertemu dengan para pemain lain yang mengganggu.

Maksud mengganggu di sini yaitu di mana pemain lain tersebut melakukan komunikasi dengan kata-kata kurang mengenakkan. Dalam hal ini, mereka bisa disebut dengan para bully (perundung/penindas/penggangu).

Ada banyak alasan mereka melontarkan kata-kata kurang mengenakkan tersebut. Misalnya, pemain baru alias newbie (pemula) mungkin akan dihujani dengan hinaan dan ancaman karena masih beradaptasi dengan permainan.

Alasan lainnya, memang mereka senang mengolok-olok karena mungkin dalam pertandingan di game tersebut mereka mampu lebih unggul sehingga ingin merendahkan pemain lainnya.

Konsekuensi dari serangan para bully ini juga beragam, dari membuat semangat menurun bahkan hingga depresi.

Baca Juga: Penyebab Huawei 'Bersih-bersih' Game Tencent dari Toko Aplikasinya

Nah, jika ketika Anda bermain game rekan satu tim atau lawan mulai menunjukkan perilaku yang tidak baik, perusahaan keamanan siber Kaspersky menyarankan untuk menghadapinya dengan menerapkan lima tips berikut ini:

1. Mencoba Tetap Tenang

Walaupun terdengar klise, coba ingat bahwa apapun yang ditulis oleh para pengganggu kepada Anda hanyalah kata-kata di layar.

Ingatlah bahwa siapa pun yang memulai perkelahian, siapa pun yang berpartisipasi dapat mendapatkan teguran karena mengeluarkan kata-kata tidak baik.

Jangan panik jika Anda diancam akan dilaporkan karena menyebabkan kekalahan. Selama tidak melanggar aturan permainan apa pun, tidak akan ada yang dapat mencekal Anda

Diskusikan setiap konflik dalam permainan dengan orang yang Anda percaya, seperti teman atau keluarga.

Itu akan memberi kesempatan untuk melepas beban dalam diri, serta memberikan perspektif berbeda, dan perasaan nyaman. Dukungan emosional sangat penting bagi siapa pun yang merasa terguncang.