Sebagai kelanjutan dari program The Only Progress is Human, Dassault Systèmes meluncurkan kampanye “Water for Life”.
Kampanye ini bertujuan meningkatkan kesadaran sosial dan lingkungan dan menginspirasi pemanfaatan dunia virtual untuk mendorong inovasi berkelanjutan yang memungkinkan aktivitas konsumsi yang lebih cerdas.
Mengusung tema air dan konsumsi, kampanye ini mengeksplorasi berbagai langkah yang bisa dilakukan oleh industri dalam mengonsumsi air secara lebih bijak dan melindungi sumber daya alam paling berharga ini dari ancaman konsumsi berlebihan.
Saat ini dunia sedang menghadapi ancaman berupa konsumsi air yang berlebihan (overconsumption), terutama dalam memproduksi barang dan layanan yang digunakan setiap hari di dunia. Saat ini, lebih dari 40 persen populasi di dunia mengalami kelangkaan air.
Melalui kampanye “Water for Life”, Dassault Systèmes akan membantu para pelanggan menjawab tantangan ini dari tiga sudut pandang: mengukur dan mengoptimalkan, berinovasi dan berkreasi, serta mengedukasi.
Dassault Systèmes akan mendorong platform 3DEXPERIENCE sebagai akselerator untuk mengukur dan mengoptimalkan jejak penggunaan air (water footprint) perusahaan. Dassault memberi pelanggan sebuah solusi industri terintegrasi yang menyediakan data mengenai pemakaian air terkait dengan pengalaman yang mereka ciptakan dan dampak dari berbagai opsi desain.
Di masa yang akan datang, rekomendasi yang dihasilkan dari AI akan memberikan panduan untuk penciptaan produk, layanan dan pengalaman yang baru dan lebih berkelanjutan.
Dassault Systèmes juga akan mendukung gagasan water handprint melalui 3DEXPERIENCE Lab-nya. Gagasan ini akan dicapai dengan memanfaatkan kecerdasan kolektif untuk mempercepat inovasi disruptif seperti EEL Energy. Inovasi ini dapat mentransformasi berbagai proses di industri untuk mengurangi konsumsi air. Gagasan ini juga didukung oleh perjanjian kemitraan dengan inkubator di dunia, seperti OceanHub Africa.
Selanjutnya, Dassault Systèmes juga akan mengembangkan program edukasi yang bertujuan meningkatkan kesadaran mengenai isu-isu besar yang berkaitan dengan air, dan menginspirasi generasi yang akan datang untuk melestarikan sumber daya utama ini, seperti proyek Mission Ocean di Perancis yang didukung oleh La Fondation Dassault Systèmes.
“Dunia menyadari pentingnya melestarikan air dan bergerak menuju era baru tanggung jawab dan keberlanjutan atau ‘responsibility dan sustainability’. Industri punya peran tersendiri di dalam program ‘UN Decade to Deliver," ucap Bernard Charlès, Vice Chairman dan CEO, Dassault Systèmes.
Menurutnya, dunia virtual adalah penggerak utama (key enabler) bagi para pelanggan dalam mendesain dan menguji produk, materi, dan proses manufaktur baru secara radikal.
"Melalui solusi baru di industri, kami bisa menjadi mitra nomor satu di dunia untuk mendorong bangkitnya industri yang lebih berkelanjutan, sesuai dengan tujuan dari Paris Agreement," imbuh Bernard.