Find Us On Social Media :

Startup GudangAda Angkat Mantan Kepala Engineering di Grab Jadi CTO

By Rafki Fachrizal, Selasa, 12 Januari 2021 | 20:45 WIB

Huan Yang (Chief Technology Officer Gudang Ada)

Startup di bidang marketplace B2B (Business-to-Business) untuk fast moving consumer goods (FMCG), GudangAda, mengumumkan penunjukan Huan Yang sebagai CTO (Chief Technology Officer).

Huan Yang memilih bergabung dengan GudangAda setelah 3 tahun lebih menjabat sebagai Head of Engineering Grab Singapore, di mana dia memimpin departemen engineering di Singapura, Jakarta, dan Beijing.

Secara total, selama 13 tahun berkarir di dunia teknologi, Huan pernah memegang peran penting dalam membangun dan menggerakkan tim teknologi di perusahaan teknologi raksasa seperti Google, Facebook dan Uber.

Keterampilan Huan juga didukung oleh perspektif global yang luas karena pernah bekerja dengan tim global dan ditempatkan di berbagai wilayah seperti Shanghai, London dan San Fransisco.

Dengan posisi barunya sebagai CTO GudangAda, Huan akan terlibat aktif dalam pengembangan bisnis GudangAda yang direncanakan mencapai 5x pertumbuhan di tahun 2021 ini.

Huan Yang, Chief Technology Officer GudangAda, mengatakan, “Saya sangat bangga dapat bergabung dengan startup yang sedang bertumbuh sangat cepat dan memiliki rekam jejak yang impresif seperti GudangAda. Saya terkesan dengan solusi perusahaan bagi pedagang grosir dan retailer di industri FMCG ini, dan siap berkontribusi meningkatkan solusi teknologi bagi UMKM dan ekosistem FMCG yang lebih luas.”

“Banyak pelaku bisnis tradisional di Indonesia yang mengalami kendala akibat rendahnya produktivitas, mahalnya biaya operasional, serta sulitnya mengadopsi teknologi. Menghadirkan solusi teknologi yang cepat, mudah, dan murah yang bermanfaat bagi seluruh stakeholder di industri merupakan daya Tarik terbesar bagi saya,” tambah Huan.

Baca Juga: Wow! Kemampuan Startup Digital Indonesia di Daerah Tak Kalah Keren

Lebih lanjut, perekrutan Huan sendiri diumumkan GudangAda setelah startup tersebut berhasil menggalang dana senilai lebih dari US$ 30 juta, serta mengalami pertumbuhan bisnis hingga sembilan kali lipat, baik dalam jumlah pengguna maupun Gross Merchandise Value (GMV) di tahun 2020.

Penunjukkan Huan Yang merupakan bagian dari strategi penguatan tim senior GudangAda, yang telah dilakukan sejak awal 2020 dengan banyaknya talenta berpengalaman yang berasal dari perusahaan terkemuka di sektor FMCG, teknologi, dan konsultan yang bergabung dengan GudangAda.

Stevensang, CEO GudangAda, mengungkapkan “Kami sangat senang akan kehadiran Huan dan saya yakin dengan keahlian dan pengalaman globalnya, GudangAda dapat meningkatkan kapabilitas platformnya sehingga dapat mempercepat pertumbuhan bisnis ke depannya.”

Penunjukan Huan di GudangAda berperan penting dalam merealisasikan rencana ekspansi perusahaan, meliputi perluasan bisnis secara besar-besaran ke lebih banyak kota di Indonesia, peningkatan layanan gudang dan logistik, serta rencana penambahan kategori produk baru diluar sektor industri FMCG.

“Kami menyadari besarnya potensi pertumbuhan market di Indonesia yang sangat besar. Pemerintah juga mendukung dalam memberikan peluang bagi perusahaan untuk berpartisipasi dalam transformasi digital. Didukung dengan CTO baru kami, GudangAda akan memiliki posisi yang kuat untuk memanfaatkan peluang ini dan melanjutkan misi memberdayakan pedagang tradisional dan keseluruhan rantai pasokan FMCG,” Stevensang menambahkan.