Find Us On Social Media :

Lima Kampanye Tokopedia Ini Berhasil Dorong Transaksi UMKM Selama 2020

By Rafki Fachrizal, Jumat, 15 Januari 2021 | 15:30 WIB

Ilustrasi Tokopedia

Pandemi COVID-19 faktanya telah membuat aktivitas belanja online semakin menjadi andalan masyarakat.

Hal itu terbukti dari jumlah penjual dan pembeli di Tokopedia selama tahun 2020 yang memperlihatkan lonjakan yang signifikan.

“Per Desember 2020, 9,9 juta penjual yang hampir seluruhnya UMKM telah terdaftar di Tokopedia. Ada kenaikan sebesar lebih dari 2,5 juta dari 7,2 juta penjual sejak Januari 2020,” ungkap Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia.

“Jumlah pembeli pun mencatat kenaikan sebesar lebih dari 10 juta - dari 90 juta pada Januari 2020 menjadi lebih dari 100 juta saat ini,” tambah Ekhel.

Baca Juga: Bukan Grab, Gojek Bakal Merger dengan Tokopedia

Sepanjang tahun 2020, Tokopedia turut mendorong belanja masyarakat akan produk UMKM Indonesia melalui beberapa inisiatif kampanye. Di antaranya yaitu:

1. #SatuDalamKopi

Lewat kampanye ini Tokopedia menggandeng lebih dari 1.000 pengusaha kopi di seluruh Indonesia dan mampu meningkatkan transaksi produk kopi menjadi lebih dari 2,5 kali lipat.

2. Tokopedia Nyam

Kampanye ini membuat jumlah penjual makanan siap masak di Tokopedia meningkat hampir 3 kali lipat selama pandemi. 

Transaksi makanan siap masak juga tumbuh signifikan menjadi lebih dari 3 kali lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi.

3. Tokopedia Fashion Week (TFW)

TFW yang diadakan virtual Desember 2020 lalu berhasil mengalami peningkatan penjualan lebih dari 5 kali lipat dibandingkan TFW tahun sebelumnya.