Find Us On Social Media :

Tingkatkan Layanan Digital, Amar Bank Kembangkan Intelligence Banking

By Rafki Fachrizal, Kamis, 21 Januari 2021 | 19:15 WIB

Ilustrasi Amar Bank

Penerapan intelligence banking kini tengah menjadi tren baru di industri perbankan.

Intelligence banking merupakan perbankan digital yang didukung oleh kapabilitas teknologi Artificial Intelligence/AI (kecerdasan buatan) guna memberikan pengalaman perbankan yang mudah, cerdas, dan terpersonalisasi.

Menurut data McKinsey & Company, terdapat beberapa keuntungan dalam menggunakan AI di layanan perbankan digital.

Pertama, meningkatkan revenue melalui peningkatan personalisasi layanan kepada nasabah maupun karyawan.

Kedua, menurunkan pengeluaran melalui efisiensi dari teknologi otomatisasi, mengurangi error rates, dan pemanfaatan sumber daya yang lebih baik.

Terakhir, bank dapat menangkap peluang baru berdasarkan data yang telah dikumpulkan.

Selain AI, terdapat infrastruktur lainnya yang dibutuhkan dalam mendukung intelligence banking, yaitu Cloud, Data, dan Application Programming Interface (API).

“Dengan menggunakan cloud, bank dapat meningkatkan skalabilitas dan kecepatan dari computer engine yang membantu dalam proses layanan perbankan,” ujar Kevin Kane, Chief Technology Officer Amar Bank.

“Di sisi lain, data seorang nasabah di layanan perbankan kadang terpisah-pisah. Jika data dapat diintegrasikan dalam satu tempat, pengelolaan data dan kegiatan pemasaran perbankan akan dapat lebih tepat sasaran. Sementara itu, integrasi API juga dibutuhkan untuk membantu ketersediaan data dan menyediakan end-to-end services kepada nasabah,” tambah Kevin.

Baca Juga: BizChannel@CIMB Mobile Permudah Kelola Keuangan Bisnis Dari Mana Saja

Melihat pesatnya perkembangan teknologi digital, Kevin mengungkapkan bahwa hal itu mendorong Amar Bank untuk terus bertransformasi dan berkembang mengikuti perkembangan digitalisasi.

Salah satunya, menerapkan Intelligence banking dengan menghadirkan produk-produk perbankan digital untuk masyarakat Indonesia.

“Amar Bank berkomitmen terhadap inovasi yang mengubah hidup nasabah menjadi lebih baik. Berangkat dari komitmen tersebut, Amar Bank telah memperkenalkan pinjaman digital pertama di Indonesia melalui Tunaiku dan baru-baru ini juga telah meluncurkan inovasi produk berbasis aplikasi perbankan seluler berbasis AI, Senyumku,” papar Kevin.