Find Us On Social Media :

10 Iklan YouTube Ini Paling Disukai Selama Paruh Kedua Tahun 2020

By Liana Threestayanti, Selasa, 26 Januari 2021 | 11:00 WIB

Ilustrasi iklan di YouTube

Google kembali merilis Papan Peringkat Iklan YouTube untuk iklan yang bisa dilewati (skippable ad) selama paruh kedua 2020. Ada tiga brand yang untuk pertama kalinya berhasil mencuri perhatian para pemirsa YouTube.

Daftar ini memuat sepuluh besar iklan dan konten bersponsor yang benar-benar ditonton oleh orang di YouTube berkat perpaduan antara popularitas dan promosi. Semua iklan dalam daftar tersebut berjenis “dapat dilewati”, tetapi karena narasi sangat menarik sehingga audiens memilih untuk menontonnya.

“Pada akhir tahun lalu, kami melihat jelas bagaimana brand, seperti DisneyPlus Hotstar, PocarilD, dan IM3 Ooredoo, memanfaatkan kekuatan musik dan animasi untuk keluar dari format iklan biasa dan menarik perhatian lebih banyak orang,” jelas Ishak Reza, Creative Lead Google Indonesia. Ishak menegaskan bahwa YouTube adalah platform yang sangat mendukung brand untuk bereksperimen dengan format baru guna menarik audiens yang tepat.

Ada tiga brand yang masuk ke daftar 10 besar ini untuk pertama kalinya: DisneyPlus Hotstar, TMRW Indonesia, dan Kredivo.

“Lebih dari 93 juta orang Indonesia dewasa menonton video di YouTube setiap bulan,” jelas Muriel Makarim, Head of Large Customer Marketing YouTube, mengutip data Comscore VMX dari September 2020. 

“Dari 30 detik hingga lebih dari delapan menit, seperti yang kita lihat dalam daftar 10 Besar kali ini, pemasar memiliki fleksibilitas untuk menjangkau konsumen dengan berbagai cara," Muriel menambahkan.

Inilah daftar sepuluh besar iklan skippable yang berhasil mencuri perhatian pemirsa YouTube:

1. Pilih semaumu, untuk semua (DisneyPlus Hotstar, durasi 30 detik)

2. Terbaru dari Sambal ABC: Cap Cip Top - Icap Icip Ngetop (ABC Indonesia, durasi 45 detik)

3. 30 tahun #RambutTanpaBatas kita semua duta shampoo Pantene (Pantene Indonesia, durasi 1 menit)

4. Jangan #SetengahSetengah (Kredivo, durasi 1 menit)

5. #BintangSMA2020 Sweat for dream! (PocariID, durasi 1 menit)