Find Us On Social Media :

Pulihkan Industri Pariwisata, Kemenparekraf, tiket.com Promosikan Ini

By Liana Threestayanti, Rabu, 27 Januari 2021 | 16:30 WIB

Bincang-bincang tiket.com dengan Sandiaga S. Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, di program tiketLIVE

Pionir Online Travel Agent (OTA), tiket.com, siap berkolaborasi dengan Kemenparekraf memperkenalkan lima destinasi wisata super prioritas demi mempercepat pemulihan industri pariwisata pasca pandemi.

Tak sekadar menjadi pionir OTA, tiket.com juga ingin menjadi "jendela" informasi bagi turis lokal maupun manca negara yang ingin berwisata ke Indonesia. Langkah ini tentu pada gilirannya dapat mempercepat pemulihan industri pariwisata.

Hal tersebut terungkap dalam bincang-bincang tiket.com dengan Sandiaga S. Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, mengenai rencana untuk mendorong pemulihan industri pariwisata Indonesia dalam acara tiketLIVE perdana di tahun 2021, pada tanggal 25 Januari yang lalu.

tiketLIVE sendiri merupakan salah satu program unggulan dari tiket.com yang diluncurkan pada tahun 2020. Program ini merupakan wadah diskusi dengan para pekerja sektor wisata untuk mengenalkan dan mendorong popularitas destinasi pariwisata sehingga dapat menginspirasi wisatawan serta warga lokal dalam merencanakan perjalanan ataupun liburan mereka. 

Dalam penayangan perdana tiketLIVE di tahun 2021, Sandiaga S. Uno berpesan untuk terus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Walaupun pemerintah tengah menggencarkan proses vaksinasi berskala nasional, tetapi sungguh penting bagi kita bersama untuk mawas diri dalam menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin tinggi dimanapun kita berada. Tidak hanya ketika tengah berlibur, tetapi dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Selain mendukung pemulihan industri pariwisata dengan mengunjungi destinasi yang aman dikunjungi, tetapi menjadikan protokol kesehatan sebagai bagian dari gaya hidup pun adalah salah satu upaya mendukung pemulihan perekonomian Indonesia,” jelasnya Sandiaga.

Selain berpesan mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan, Sandiaga S. Uno juga menyoroti program 5 destinasi super prioritas sebagai fokus pokok 2021. “Misi utama Kemenparekraf dari Bapak Presiden Joko Widodo adalah untuk membereskan pengembangan 5 destinasi super prioritas. Saya sungguh bersemangat dalam mengembangkan berbagai ide kreatif dengan dukungan kolaborasi dari para pemangku kepentingan industri pariwisata seperti tiket.com, sehingga misi ini dapat segera terwujud,"ujarnya.

Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com kembali mempertegas komitmen untuk mendukung pemulihan pariwisata nasional, “Kami siap mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk gercep, geber, dan gaspol dengan jajaran kegiatan dan program menarik guna mendukung kampanye InDonesia Care – dalam mempromosikan desa wisata dan wisata minat khusus, serta khususnya membantu menyoroti 5 destinasi super prioritas," ujar Gaery. 

Apa saja lima destinasi super prioritas yang dipilih untuk menjadi ikon pariwisata Indonesia di panggung dunia:

  1. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Selain wisata komodo di Taman Nasional Komodo dan Pink Beach, destinasi wisata lain yang tak kalah menariknya di Labuan Bajo adalah Bukit Sylvia yan terkenal dengan istilah seribu sunset, trekking Pulau Padar dan Kanawa. Kemudian ada pula wisata selam yang memesona di Batu Bolong, Castle Rock dan Manta Point.

Selain keindahan alam, Kemenparekraf hendak menajamkan fokus untuk mempopulerkan potensi ekonomi kreatif seperti tenun, kopi, dan masih banyak lagi.  

  1. Mandalika, Nusa Tenggara Barat 

Tidak hanya menyuguhkan keindahan pantai alami dengan berselancar seperti Pantai Gerupuk, Pantai Kuta, Pantai Seger, atau Tanjung Aan, kawasan ini juga menawarkan wisata budaya bernilai untuk dipelajari. Yang paling terkenal adalah Festival Bau Nyale.