Find Us On Social Media :

Palo Alto Networks Hadirkan Solusi Keamanan IoT Bagi Sektor Kesehatan

By Liana Threestayanti, Sabtu, 6 Februari 2021 | 21:30 WIB

Ilustrasi keamanan IoT di sektor kesehatan.

Palo Alto Networks menghadirkan solusi keamanan Internet of Things (IoT) bagi industri kesehatan

Kehadiran IoT telah membuka beragam peluang untuk lahirnya layanan-layanan inovatif di beragam industri. Namun di sisi lain, kehadiran IoT juga mengundang risiko keamanan, terkecuali di sektor pelayanan kesehatan di mana Internet of Medical Things (IoMT) diterapkan.

Situasi ini menjadi lebih buruk mengingat sektor kesehatan saat ini menanggung beban terberat akibat pandemi. Dan sektor kesehatan pula yang paling keras dihantam serangan siber. Directionsblog.eu menyebutkan bahwa serangan siber terhadap rumah-rumah sakit meroket hingga 60% sepanjang bulan Februari dan Maret 2020.

Laporan lain, yaitu dari Unit 42, mengungkapkan bahwa 83% peralatan pencitraan medis menggunakan sistem operasi yang sudah usang. Padahal 51% ancaman keamanan siber berkaitan erat dengan jenis peralatan tersebut. Risikonya tidak hanya gangguan pada layanan kesehatan tapi juga ada risiko pencurian data pasien. 

Diperkuat Machine Learning dan Telemetri

Solusi IoT Security dari Palo Alto Networks mengurai kompleksitas dalam penerapan keamanan pada IoMT melalui sejumlah kapabilitas terbaru berbasis machine learning untuk menghadirkan visibilitas, pencegahan, dan enforcement.

Solusi ini diharapkan akan meningkatkan keamanan data dan pasien, seperti yang diharapkan oleh tim TI maupun biomedis teknis di rumah-rumah sakit.

IoT Security dari Palo Alto Networks mendukung Healthcare Delivery Organizations (HDOs) untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi IoT dengan tetap memastikan keamanannya.

Palo Alto Networks mengklaim bahwa IoT Security merupakan satu-satunya solusi di industri yang memanfaatkan machine learning dan telemetri dari hasil urun daya bersama (crowd-sourced telemetry). Dengan cara ini, solusi dapat memprofilkan seluruh perangkat yang ada di jaringan dengan cepat dan akurat, termasuk perangkat yang belum dikenali sebelumnya. Kemampuan lain dari solusi ini adalah rekomendasi penerapan kebijakan (policy) yang diperkuat oleh teknologi machine learning sehingga tim keamanan TI tak perlu melakukannya secara manual.

Solusi Palo Alto Networks IoT Security dapat memanfaatkan layanan-layanan keamanan terintegrasi yang dihadirkan oleh Palo Alto Network, seperti pencegahan intrusi untuk memblokir exploit; sandboxing untuk mendeteksi dan mencegah malware IoT; dan keamanan URL dan DNS untuk menangkal serangan IoT yang dilancarkan melalui web. 

Fitur Keamanan untuk IoMT

Adapun fitur keamanan pada solusi ini yang khusus dirancang untuk sektor kesehatan dan IoMT meliputi: