Find Us On Social Media :

Lima Aplikasi Ini Akan Membuat PJJ Lebih Interaktif dan Efektif

By Liana Threestayanti, Senin, 8 Februari 2021 | 09:45 WIB

Ilustrasi Belajar Online

Membangun interaksi antara guru dan siswa merupakan salah satu tantangan dalam kegiatan belajar mengajar secara daring. Dengan bantuan beberapa aplikasi berikut ini, hal itu bisa ditanggulangi.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi metode yang diterapkan di hampir seluruh sekolah di Indonesia sejak bulan Maret 2020 saat pandemi COVID-19 mulai merebak. Langkah tersebut ditempuh Pemerintah demi melindungi siswa maupun tenaga pengajar dari risiko penularan dan penyebaran virus corona. 

Menurut data Kemendikbud sampai bulan Agustus 2020, ada ratusan ribu sekolah ditutup untuk mencegah penyebaran, sekitar 68 juta siswa melakukan kegiatan belajar dari rumah, dan sekitar empat juta guru melakukan kegiatan mengajar jarak jauh.

PJJ terkadang menjadi kurang efektif karena interaksi guru dan murid tidak bisa berlangsung seperti jika KBM berlangsung secara face to face. Belum lagi adanya distraksi di lingkungan sekitar yang menyebabkan siswa tidak fokus belajar.

Guna mengantisipasi tantangan tersebut, ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan para pengajar agar KBM dalam PJJ ini menjadi lebih interaktif dan efektif. 

1.Google Formulir/Google Forms

https://docs.google.com/forms/

Google Forms

Google Formulir atau Google Forms termasuk salah satu aplikasi yang banyak dimanfaatkan di sekolah, di antaranya karena terintegrasi dengan Google Suite. Google Forms juga disukai karena dapat melakukan banyak hal. Selain untuk administrasi survei, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan dalam proses belajar mengajar, seperti presensi, kuis, penyampaian materi, dan pengumpulan database.

Cara penggunaannya pun relatif mudah. Pengguna bisa langsung mengaksesnya via web dari PC, laptop, maupun smartphone. Ketika digunakan untuk membuat kuis, ada berbagai tipe soal bisa dibuat di Google Forms, mulai dari True/False, pilihan berganda, matching,  pertanyaan terbuka (open-ended), dan sebagainya. Aplikasi ini juga menyertakan fitur scoring sehingga siswa akan lebih tertantang ketika mengerjakan soal kuis. Dalam menyampaikan materi, pengguna dapat mengunggah gambar maupun video agar materi pelajaran lebih menarik bagi siswa. 

Formulir yang sudah dibuat dapat langsung dibagikan melalui surel, melalui salinan link, embed HTML, atau via media sosial Facebook dan Twitter. Dan karena terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya, Formulir yang dibuat secara otomatis akan disimpan di Google Drive pengguna.

2.Pear Deck