Melalui PT PLN, Pemerintah memperpanjang program subsidi listrik gratis dan diskon 50 persen bagi pelanggan dari golongan yang sudah ditentukan, baik pasca bayar maupun prabayar. Perpanjangan pemberian stimulus mulai Januari sampai Maret 2021. Begini cara mendapatkannya.
Berdasarkan keputusan Pemerintah, perpanjangan pelaksanaan diskon tarif tenaga listrik PLN dibagi dalam dua ketentuan. Pertama, diskon listrik 100% atau gratis akan diberikan kepada pelanggan pascabayar golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA, dan industri kecil daya 450 VA. Adapun untuk pelanggan prabayar, setiap bulannya diberikan token gratis yang besarannya sesuai pemakaian tertinggi selama tiga bulan terakhir.
Kedua, diskon 50% biaya pemakaian listrik diberikan kepada golongan pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi pascabayar. Kemudian bagi pelanggan prabayar diberikan token gratis dengan nilai 50 persen pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir (harga belum termasuk PPJ).
Jadi bagi pelanggan pascabayar, stimulus akan dirasakan dalam bentuk pengurangan biaya tagihan listrik untuk perhitungan rekening Januari -Maret 2021. Sedangkan untuk pelanggan prabayar, stimulus diterima saat mereka melakukan pembelian token listrik Januari - Maret 2021. Dan pemberian token gratis ini hanya diberikan satu kali dalam sebulan.
Dikutip dari Kompas.com, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, mengatakan besaran diskon tetap sama, tapi ditetapkan batas konsumsi listrik. Pelanggan 450 VA dengan batas pemakaian 720 jam nyala atau setara 324 kWh. Pelanggan 900 VA subsidi dengan batas pemakaian 720 jam nyala atau setara 648 kWh. Apabila melewati batas tersebut, maka pemakaian listrik selanjutnya akan dikenakan tarif sesuai aturan berlaku. Pemberlakuan batas ditetapkan supaya PLN dapat memperhatikan besaran konsumsi energi pelanggan penerima.
Dua Cara Klaim Token Listrik Gratis
Khususnya untuk pelanggan prabayar, bagaimana cara memperoleh stimulus dari Pemerintah ini? Pelanggan dapat mengklaim token listrik gratis atau berdiskon 50% melalui aplikasi PLN Mobile, melalui website PLN, atau aplikasi WhatsApp.
Jika melalui aplikasi PLN Mobile, caranya adalah sebagai berikut:
- Unduh aplikasi PLN Mobile di Play Store atau App Store
- Login dengan akun Google atau e-mail
- Klik “PLN Peduli Covid-19” di bawah Info dan Proom
- Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meter dan klik Kirim
- Token gratis akan muncul
- Silakan masukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Jika melalui situs web, caranya adalah sebagai berikut:
- Buka alamat https://stimulus.pln.co.id/ atau https://layanan.pln.co.id/diskon-stimulus-psbb-pln
- Masukkan identitas pelanggan (ID Pelanggan atau Nomor Meter) di kolom yang tersedia
- Ketikkan kode captcha dan klik Cari
- Kemudian token gratis akan ditampilkan di layar
- Silakan masukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan
Selanjutnya PLN menyebutkan akan menghentikan penyaluran token listrik gratis melalui WhatsApp pada periode klaim bulan selanjutnya. Keputusan tersebut diambil setelah PLN meluncurkan versi terbaru dari PLN Mobile. Selain memperoleh token gratis, dengan menggunakan PLN Mobile, pelanggan juga dapat menikmati fitur-fitur lain seperti penyampaian keluhan hingga pemantauan konsumsi listrik.
Ini Kode Pelanggan Bersubsidi
Stimulus berupa subsidi listrik gratis dan diskon 50 persen ini bukan untuk semua pelanggan. Khususnya untuk pelanggan listrik golongan 900 VA, PLN menyatakan tidak semua pelanggan listrik golongan tersebut mendapatkan diskon. Hanya golongan 900 VA yang bersubsidi yang mendapat diskon tersebut. Untuk mengetahui apakah listrik termasuk golongan subsidi atau bukan, dapat dilihat melalui kode yang tertera pada meteran listrik.