Find Us On Social Media :

Beradaptasi Hadapi Pandemi COVID-19, OYO Fokus ke Safecation di 2021

By Rafki Fachrizal, Rabu, 10 Februari 2021 | 14:15 WIB

Ilustrasi OYO

Di tahun 2021 ini, OYO Indonesia menghadirkan inisiatif barunya yang bernama OYO Safecation.

Inisiatif ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan akan tempat menginap yang aman untuk disinggahi masyarakat yang tetap harus keluar rumah selama masa pandemi.

Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Indonesia mengatakan bahwa OYO Safecation merupakan jawaban untuk mengurangi kekhawatiran masyarakat yang masih harus menjalani hidup berdampingan dengan pandemi COVID-19.

“Fokus utama OYO Safecation adalah memastikan keamanan dan kebersihan akomodasi untuk masyarakat yang terpaksa harus keluar rumah untuk keperluan bekerja atau kegiatan non-leisure lainnya,” ujar Agus.

Selama tahun 2020, minat serta kebutuhan masyarakat untuk menginap di OYO diklaim masih bertahan, meskipun turun dibandingkan sebelum pandemi.

Data internal OYO menunjukkan bahwa di tahun 2020 terdapat lebih dari 5,5 juta pelanggan yang tersebar di 150 kota di Indonesia.

Baca Juga: Jangan Senang Dulu Jika Dapat DM dari Instagram, Bisa Jadi Phising

Selama di tahun tersebut, masyarakat cenderung menginap di hotel untuk tujuan non-leisure seperti perjalanan dinas, remote working, hingga kebutuhan untuk kegiatan isolasi mandiri dengan jangka waktu rata-rata berkisar antara 1 hingga 3 malam.

Rata-rata tingkat okupansi yang diraih oleh hotel-hotel mitra OYO sepanjang 2020 juga terus meningkat dengan kota Bandung, Surabaya, dan Medan menjadi kota dengan jumlah pemesanan terbanyak selama tahun 2020.

“Tren akomodasi non-leisure ini kami lihat akan terus berlanjut di 2021, untuk itu keamanan serta kesehatan para karyawan dan tamu terus menjadi prioritas kami dan direalisasikan dalam inisiatif OYO Safecation ini digagas,” ucap Agus.

Di bawah inisiatif OYO Safecation, OYO Indonesia juga secara proaktif mendorong hotel-hotel mitranya untuk mendapatkan kualifikasi ‘Sanitized Stay’ yang menjamin protokol kesehatan ketat yang hingga kini telah diterapkan di properti OYO yang tergabung dalam inisiatif tersebut.

Selain itu, OYO juga memperkenalkan fitur check-in dengan minim kontak atau Contactless Check-in.

Dalam prosesnya, tamu cukup melakukan scan QR code yang ada di meja resepsionis dan menunjukkan KTP sebagai verifikasi identitas.

Baca Juga: OYO Integrasikan Sistem Pembayaran Elektronik dengan OVO dan GoPay

InfoKomputer secara rutin menyelenggarakan kelas online secara gratis untuk membantu meningkatkan kemampuan IT professional di Indonesia. Jika Anda tertarik, silakan daftar di sini.