Startup hotel OYO Indonesia mengumumkan kerja samanya dengan OVO dan GoPay untuk mengintegrasikan sistem pembayaran elektronik di aplikasi OYO. Dengan kerja sama ini, nantinya mempermudah pelanggan ketika melakukan booking dan proses refund.
Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Hotels and Home Indonesia, mengatakan, “Integrasi fitur e-wallet ini merupakan komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanan bagi para pelanggan di Indonesia. Hadirnya e-wallet ini diharapkan dapat mempermudah sekaligus mempercepat proses refund dan pembayaran, serta mengurangi kontak fisik pada point-of-purchase yang biasanya dilakukan di meja resepsionis hotel saat bertransaksi.”
Layanan e-wallet ini bisa digunakan melalui aplikasi OYO. Untuk booking, setelah melakukan pencarian dan pemesanan hotel yang diinginkan di aplikasi OYO, pelanggan akan diarahkan pada pemilihan metode pembayaran yaitu transfer bank, kartu debit/kredit atau e-wallet.
Sementara itu untuk proses refund, pelanggan akan menerima konfirmasi melalui email setelah mengajukan proses refund.
Kemudian pelanggan dapat mengakses link yang ada di email tersebut untuk mengisi detail pemesanan seperti booking id, email dan nomor telepon. Kemudian, tamu dapat memilih metode pembayaran melalui e-wallet ataupun transfer bank. Setelah mengisi data, OYO akan segera memproses permintaan tersebut.
Baca Juga: Startup OYO Hotels Rambah Bisnis di Luar Akomodasi Lewat Kopi Cinta
Lebih lanjut, adanya peraturan pembatasan wilayah yang dilakukan pemerintah saat awal masa pandemi berdampak pada peningkatan permintaan pengembalian dana.
Meskipun begitu, selama 6 bulan terakhir, hanya sekitar 2% dari total pelanggan OYO di Indonesia yang membuat permintaan pengembalian dana, dan saat ini OYO telah menyelesaikan lebih dari 99.4% permintaan pengembalian dana tersebut.
Hal ini berarti hanya terdapat sekitar 0,6% pelanggan yang mengalami penundaan pengembalian dana saat ini, dikarenakan OYO masih menunggu pelanggan untuk menginput nomor rekening/e-wallet melalui link yang diberikan.
Adapun beberapa hal yang menghambat proses pengembalian dana, seperti data pelanggan yang tercantum tidak akurat; seperti email yang tidak lengkap, nomor telepon dan/atau detail rekening bank yang diberikan tidak tepat.
Sehingga, melalui integrasi sistem pembayaran dengan e-wallet, OYO menargetkan proses pembayaran refund konsumen dapat dilakukan secara lebih mudah dan terselesaikan dalam jangka waktu paling lama 1 minggu.
“Kami berharap fitur pembayaran e-wallet dapat memudahkan dan memberikan peace of mind pada pelanggan kami dalam pengalaman menginap mereka di OYO, terlebih di masa pandemi saat ini,” pungkas Agus.
Baca Juga: Strategi OYO, RedDoorz, dan, Bobobox Bertahan di Pandemi Corona
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR