Find Us On Social Media :

Review Mi TV Stick: Cara Praktis Membuat TV Biasa Menjadi Smart TV

By Dayu Akbar, Rabu, 10 Februari 2021 | 21:00 WIB

Mi TV Stick

Bagi Anda yang hanya memiliki TV biasa alias bukan smart TV dan ingin menikmati fitur yang ada pada smart TV, mungkin merasa terlalu mahal jika sampai harus mengganti TV dengan yang baru. Oleh karena itu, Xiaomi menawarkan cara yang lebih terjangkau dan praktis, yakni dengan menghadirkan Mi TV Stick. Secara umum, perangkat ini akan membuat TV biasa menjadi smart TV dengan memasangnya pada porta HDMI.

Jika biasanya perangkat sejenis memiliki dimensi berbentuk kotak cukup besar untuk diletakkan di permukaan datar, Mi TV Stick memiliki ukuran kecil; mirip dengan USB flash disk, tetapi dengan dimensi lebih besar. Bisa dibilang Mi TV Stick adalah sebuah stick PC. Untuk mengoperasikannya cukup menancapkannya ke porta HDMI yang ada pada TV biasa Anda. Bahkan, jika TV tersebut terbilang jadul dan tidak memiliki porta HDMI, Anda masih bisa menggunakannya dengan memanfaatkan adaptor HDMI ke Composite yang mesti dibeli secara terpisah. Sebenarnya, tidak hanya TV biasa saja yang bisa dibuat pintar, tetapi perangkat seperti monitor ataupun proyektor, juga bisa selama memiliki konektor yang mendukung.

Paketnya berisi unit serta aksesori pendukung seperti remote control, kabel ektensi HDMI, adaptor daya dengan kabel micro-USB.

Mi TV Stick mendukung sampai resolusi Full HD; sudah mumpuni digunakan pada TV sampai ukuran 43 inci. Bagi TV berukuran lebih kecil atau memiliki dukungan resolusi lebih rendah, Mi TV Stick juga menyediakan pilihan resolusi mulai dari 480p @ 60 Hz sampai 1080p @ 60 Hz. Tersedia pula pilihan Auto Switch sehingga perangkat dapat menyesuaikan secara otomatis resolusi pada TV yang digunakan.

Mi TV Stick mendukung surround sound Dolby & DTS. Hanya saja karena tidak ada porta audio sendiri maka keluaran suara hanya mengandalkan sistem audio yang digunakan TV. Jadi jika ingin mengoptimalkan audionya, pastikan TV yang digunakan memiliki porta Audio Out dan menggunakan speaker eksternal.

Pastikan TV yang akan digunakan memiliki porta HDMI. Jika posisi portanya terlalu rapat, Anda bisa memanfaatkan kabel ekstensi HDMI yang tersedia dalam paket.