Find Us On Social Media :

Perlu Mengasah Kemampuan TOEFL Anda? Coba di Lima Situs Web Ini

By Liana Threestayanti, Jumat, 12 Februari 2021 | 10:40 WIB

Ilustrasi

Di sela-sela libur panjang akhir pekan ini di rumah saja, mungkin Anda ingin mengasah kemampuan berbahasa Inggris khususnya kemampuan TOEFL. Cobalah berlatih di lima situs ini.

Bukan hanya sebagai salah satu syarat melamar beasiswa ke luar negeri, nilai TOEFL (tes kemampuan Bahasa Inggris bagi penutur asing) juga kerap menjadi persyaratan kerja di banyak perusahaan.

Untuk memperoleh skor yang tinggi, kita perlu mengasah kemampuan dengan banyak berlatih. Hal itu bisa dilakukan dengan mengikuti kursus atau pelatihan khusus TOEFL. Kemudian kita perkaya lagi dengan banyak berlatih menjawab soal TOEFL.

Di mana kita bisa memperoleh soal-soal latihan TOEFL maupun tes standar kemampuan Bahasa Inggris lainnya seperti IELTS dan TOEIC? Manfaatkan internet, karena jagat maya adalah "gudang soal raksasa" yang bisa kita akses dengan mudah lewat peramban (browser) asalkan kita mengetahui kata kunci pencarian yang tepat.

Untuk memudahkan Anda, berikut adalah lima situs web yang menawarkan kumpulan soal TOEFL secara gratis.

1.ETS.org

https://www.ets.org/toefl

Berbicara tentang TOEFL, tempat terbaik untuk berlatih tentunya ETS (Educational Testing Service). Berdiri pada tahun 1947 yang berpusat di Princeton, New Jersey, Amerika, ETS mengembangkan, mengelola dan menilai lebih dari 50 Juta tes setiap tahunnya yang meliputi TOEFL®, TOEIC®, GRE® dan Praxis Series™ di lebih dari 180 negara dan lebih dari 9.000 lokasi tes di seluruh dunia.

Di situs web www.ets.org, ETS membuka kesempatan bagi mereka yang ingin berlatih TOEFL secara gratis. Selain simulasi tes secara daring, ETS juga menyediakan bundel soal TOEFL terpisah yang terdiri dari empat bagian/section (Listening, Speaking, Reading dan Writing).

2.Testden.com

https://www.testden.com/challenge/login.asp

Merupakan bagian dari ACT360 Ltd. yang berpusat di Vancouver, Kanada, TestDEN sudah menyediakan bahan-bahan belajar online untuk tes terstandardisasi, TOEFL dan TOEIC, sejak tahun 1997.