Find Us On Social Media :

Inilah Cara Mudah untuk Membuat Laman Survei dengan Google Forms

By Cakrawala, Kamis, 18 Februari 2021 | 10:00 WIB

Ilustrasi survei menggunakan Google Forms.

Google menawarkan banyak layanan melalui internet yang bisa membantu penggunanya untuk meningkatkan produktivitas. Salah satunya adalah Google Forms alias Google Formulir yang ditujukan untuk memudahkan penggunanya membuat dan menjalankan survei secara daring. Dengan Google Forms, Anda bisa membuat dan menjalankan survei untuk beragam keperluan, misalnya untuk mengetahui tema yang populer mengenai suatu topik menurut kelompok tertentu atau preferensi akan suatu hal pada kelompok tertentu lain. Menariknya lagi, Google Forms bisa dipakai secara gratis untuk keperluan pribadi.

Jika Anda ingin menggunakan Google Forms dalam melakukan survei secara daring dan belum pernah melakukannya sebelumnya, berikut InfoKomputer sampaikan cara mudahnya. Langkah-langkah memanfaatkan Google Forms yang InfoKomputer sampaikan adalah yang gratis, serta merupakan langkah-langkah untuk membuat laman survei yang sederhana. Adapun langkah-langkah atau cara memanfaatkan Google Forms tersebut bisa dilihat berikut ini.

1. Masuklah ke laman www.google.com/forms/about dan pilih [Go to Google Forms]. Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan log in menggunakan akun Google Anda.

Anda juga bisa melakukan log in ke Google Forms melalui laman docs.google.com/forms.

 

2. Setelah masuk ke laman Google Forms, Anda bisa memulai pembuatan survei yang diinginkan dengan mengeklik [Blank] alias [+]. Anda juga bisa memulai pembuatan survei dengan mengeklik salah satu dari template yang disediakan, misalnya untuk informasi kontak Anda bisa mengeklik [Contact Information]. Bila ingin melihat aneka template yang disediakan Google Forms, Anda bisa memilih [Template gallery].

 

3.Setelah mengeklik Blank, akan muncul laman yang menampilkan Untitled Form. Kemungkinan juga akan muncul jendela yang menawarkan tur dari Google mengenai Forms. Kali ini klik [NO THANKS] bisa jendela tersebut muncul.

 

4. Pada Untitled Form yang muncul, klik [Untitled Form] untuk menggantinya dengan nama yang Anda inginkan. Bila dikehendaki, tambahkan pula deskripsi pada [Form Description].

 

5. Selanjutnya klik [Untitled Question] dan ketikkan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan. Jika Anda membutuhkan suatu bentuk identitas dari responden, sebaiknya berbagai pertanyaan sehubungan hal itu yang diketikkan lebih dulu.

 

6. Setelah memasukkan pertanyaan, Anda bisa memilih model jawaban yang diinginkan. Bila jawaban yang diinginkan adalah bukan jawaban singkat, klik kotak model jawaban yang dalam hal ini [Short Answer] dan pilih yang lain.

Dalam langkah ini yang InfoKomputer guanakan adalah yang Short Answer. Anda tentunya bisa memilih model jawaban lain sesuai dengan model jawaban yang dikehendaki terhadap pertanyaan yang ditanyakan.

 

7. Apabila pertanyaan bersangkutan merupakan pertanyaan wajib alias harus dijawab, silahkan Anda geser slider [Required] yang ada.