Find Us On Social Media :

Penjual di Platform Tokopedia Hadirkan Inisiatif Ramah Lingkungan

By Rafki Fachrizal, Sabtu, 20 Februari 2021 | 20:15 WIB

Ilustrasi Aplikasi Tokopedia

Dalam rangka menyambut Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari, plafrom marketplace Tokopedia membagikan dua kisah penjual peduli lingkungan, Custombox Indonesia dan NutriMart.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengungkapkan, “Tokopedia mendukung masyarakat berperan aktif dalam menjaga lingkungan, salah satunya memberikan panggung bagi para pegiat usaha lokal yang mengusung produk atau inisiatif ramah lingkungan.”

“Harapannya, dukungan ini dapat mendorong masyarakat lain untuk ikut menjaga keberlangsungan lingkungan sekaligus berkontribusi pada pemulihan ekonomi Indonesia yang saat ini terdampak pandemi,” tambah Ekhel.

Custombox Indonesia: Kenalkan Kotak Kemasan Ramah Lingkungan

Setelah lulus dari University of California, Riverside di Amerika Serikat, Dino Johari kembali ke Indonesia dan meneruskan usaha keluarga di bidang kemasan yang telah didirikan sejak 1992.

Banyak terobosan yang Dino lakukan terutama dalam menghadapi persaingan di era digital, salah satunya dengan meluncurkan Custombox Indonesia di platform digital Tokopedia pada 2018.

“Melalui Custombox Indonesia, kami menawarkan solusi kotak kemasan untuk pebisnis dari berbagai bidang, mulai dari makanan, fesyen hingga kecantikan. Kotak kemasan kami terbuat dari kertas kraft hasil daur ulang sehingga lebih ramah lingkungan,” ungkap Dino.

Kehadiran platform digital seperti Tokopedia telah membantu Dino menjangkau lebih banyak masyarakat sekaligus memaksimalkan penjualan.

“Selama pandemi misalnya, kenaikan penjualan kami meningkat hingga 3x lipat jika dibandingkan sebelum pandemi,” ungkapnya.

Baca Juga: Buruan Daftar!, Ini Lowongan Kerja Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak

Dino juga melakukan berbagai penyesuaian agar bisnis dapat tetap berjalan meski di tengah pandemi. “Salah satunya dengan menurunkan minimum kuantitas pembelian agar lebih ramah terhadap pebisnis baru terutama UMKM,” jelas Dino.

Usaha Dino telah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. “Saat ini ada lebih dari 90 karyawan yang berasal dari warga sekitar. Sejak bergabung dengan Tokopedia, kami bersyukur karena harus menambah karyawan di bagian admin dan produksi untuk meng-handle pesanan online,” ujar Dino.

NutriMart: Ajak Konsumen Kelola Sampah