Find Us On Social Media :

Lenovo Hadirkan Tiga ThinkPad X1 Baru di Indonesia: Fold, Nano, Yoga

By Cakrawala, Senin, 8 Maret 2021 | 23:00 WIB

Azis Wonosari (Client Solution Architect, Lenovo Indonesia; kiri), Rozana Ridwan (Commercial Marketing Lead, Lenovo Indonesia; tengah), dan Benny Effendi (4P SMB Manager, Lenovo Indonesia) berfoto bersama sembari menunjukkan Lenovo ThinkPad X1 Nano, Lenovo ThinkPad X1 Fold, dan Lenovo ThinkPad X1 Titanium Yoga pada akhir acara pengumuman kehadiran tiga ThinkPad X1 baru di Indonesia belum lama ini.

Beberapa hari lalu, Lenovo mengumumkan secara resmi kehadiran tiga ThinkPad X1 barunya di Indonesia. Ketiga Lenovo ThinkPad X1 itu adalah Fold, Nano, dan Titanium Yoga. Sebelumnya, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, Lenovo tahun lalu sudah mengumumkan ThinkPad X1 Fold dan ThinkPad X1 Nano secara global. Nah, melalui pengumuman pada awal Februari 2021 tersebut, masyarakat Indonesia yang mengincar Lenovo ThinkPad X1 Fold dan Lenovo ThinkPad X1 Nano sejak tahun lalu, tidak lama lagi bisa mendapatkannya secara resmi di tanah air.

Kala pengumumannya secara global, fitur yang bisa dibilang paling dikedepankan Lenovo adalah "form factor". Lenovo mengklaim ThinkPad X1 Fold sebagai PC foldable pertama alias PC lipat pertama di dunia, sedangkan ThinkPad X1 Nano sebagai ThinkPad paling tipis dan ringan yang pernah ada. Adapun ThinkPad X1 Titanium Yoga yang kala itu tidak turut diumumkan, Lenovo menyebutnya sebagai ThinkPad paling tipis. Dengan kata lain, Lenovo ThinkPad X1 Nano kini menjadi ThinkPad paling ringan saja. Dengan keunggulan yang ditawarkan, Lenovo meyakini ThinkPad X1 Fold, ThinkPad X1 Nano, dan ThinkPad X1 Titanium Yoga makin bisa memenuhi kebutuhan banyak profesional masa kini.

“Kami bersemangat untuk menghadirkan tidak hanya satu, tetapi tiga perangkat luar biasa yang akan memberikan pengalaman baru bagi pengguna saat bekerja dari rumah, kantor, atau di mana saja.” ujar Budi Janto (General Manager, Lenovo Indonesia). “ThinkPad X1 Fold, ThinkPad X1 Nano, dan ThinkPad X1 Titanium Yoga, menunjukkan komitmen kami terhadap inovasi PC untuk dunia kerja hybrid baru dan menjadi sesuatu yang kami banggakan,” tambahnya.

Seperti Lenovo ThinkPad lain, ketiga Lenovo ThinkPad X1 baru ini juga diklaim telah lulus pengujian ala standar militer Amerika Serikat. Oleh karena itu, Lenovo ThinkPad X1 Fold, Lenovo ThinkPad X1 Nano, dan Lenovo ThinkPad X1 Titanium Yoga tidak sekadar bisa memenuhi kebutuhan banyak profesional masa kini, melainkan sewajarnya juga pada berbagai medan. Meskipun sekarang masyarakat Indonesia masih dianjurkan untuk lebih banyak di rumah karena wabah COVID-19, ketiga Lenovo ThinkPad X1 baru itu siap untuk digunakan di berbagai tempat di luar rumah.

 

Lenovo ThinkPad X1 Fold

Lenovo ThinkPad X1 Fold hadir dengan dimensi 15,82 x 23,60 x 2,78 cm dan bobot 999 gr. Layarnya berukuran diagonal 13,3 inci dengan rasio aspek 4 : 3 dan resolusi 2.048 x 1.536 piksel. Sebagai PC lipat yang bisa berfungsi layaknya laptop dan komputer tablet, layar Lenovo ThinkPad X1 Fold tidak hanya sentuh melainkan bisa dilipat mengikuti bodi Lenovo ThinkPad X1 Fold. Menggunakan panel OLED dan desain khusus, Lenovo pun mengklaim layar Lenovo ThinkPad X1 Fold tidak akan menghadirkan lekukan atau crease ketika dibuka penuh. Lenovo juga menjamin ThinkPad X1 Fold telah diuji keandalannya dengan pengujian buka-tutup setidaknya 30 ribu kali.

Lenovo ThinkPad X1 Fold.

Ketika tampilan layar dibagi dua, misalnya agar optimal ketika Lenovo ThinkPad X1 Fold diposisikan seperti laptop, masing-masing "layar" akan berukuran diagonal 9,6 inci dengan rasio aspek 3 : 2. Menariknya, meski layar kedua bisa difungsikan untuk menampilkan kibor virtual, Lenovo ThinkPad X1 Fold menawarkan kibor fisik dengan koneksi Bluetooth. Kibor ini bisa pula diletakkan di atas layar kedua dan akan menempel secara magnetis sehingga Lenovo ThinkPad X1 Fold makin menyerupai laptop. Tatkala menempel, kibor tersebut juga akan diisi ulang baterainya. Kibor bersangkutan tetap bisa diletakkan menempel pada layar kedua meski Lenovo ThinkPad X1 Fold ditutup alias dilipat penuh. Alhasil Lenovo ThinkPad X1 Fold dan kibor yang dimaksud tetap mudah dibawa. Tak ketinggalan, Lenovo ThinkPad X1 Fold menawarkan Lenovo Mod Pen. Namun, stylus ini adalah opsional.