Find Us On Social Media :

Traveloka: 3 Destinasi Wisata Lokal yang Paling Diminati di Awal 2021

By Rafki Fachrizal, Selasa, 9 Maret 2021 | 21:30 WIB

Ilustrasi Pulau Bali

Memasuki tahun 2021, meski masih dalam situasi pandemi COVID-10 nyatanya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata terhitung cukup tinggi.

Berdasarkan hasil survei Traveloka terhadap penggunanya, 35% responden menyatakan tertarik untuk berlibur di awal tahun 2021.

Tentunya hal ini didukung dengan adanya perubahan minat dan perilaku masyarakat, khususnya dalam berwisata, yang terbentuk sejak pandemi melanda.

Tak hanya menerapkan protokol kesehatan berstandar tinggi, masyarakat kini lebih memiliki minat yang tinggi untuk melakukan wisata alam dan menginginkan fleksibilitas pemesanan dalam perencanaan perjalanannya.

Selain wisata alam yang paling diminati, staycation, wisata budaya, rekreasi, dan kuliner juga menjadi daya tarik tersendiri.

Dari hasil riset tersebut, sebanyak 72% responden menyatakan ingin mengunjungi destinasi wisata alam di luar kota tempat tinggal.

Sementara responden lainnya menyatakan ingin mengunjungi objek wisata, kuliner, serta seni dan budaya yang berada di sekitar kota tempat tinggal atau kampung yang akan dikunjunginya.

Akhir pekan maupun perayaan hari besar juga menjadi salah satu favorit para pengguna, di mana staycation serta pencarian hotel, vila, dan apartemen di luar kota juga meningkat 15% dibanding akhir tahun 2020.

Baca Juga: YELO-AHU Kerja Sama Senilai Rp100 M, Siap Kembangkan Layanan Mobile Internet

Lebih lanjut, dari hasil riset tersebut Traveloka juga mengungkapkan destinasi wisata lokal yang paling diminati di Indonesia di awal tahun 2021. Ketiga destinasi tersebut di antaranya:

1. Bali (52%)

Sudah bukan rahasia jika Bali merupakan primadona wisata dunia. Sebagai destinasi wisata terpopuler, Bali kembali mendominasi rata-rata pencarian sebesar 52%, mengungguli destinasi wisata di Indonesia lainnya.

Pencarian destinasi Bali paling populer di aplikasi Traveloka cukup beragam, mulai dari pilihan akomodasi seperti hotel, vila, resort, hingga homestay di area Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Canggu, Ungasan dan Ubud, lalu diikuti pilihan penerbangan, aktivitas rekreasi dan kuliner.