Find Us On Social Media :

Lima Situs Ini Bantu Anda Lebih Pede Berbahasa Inggris dengan Klien Bisnis

By Liana Threestayanti, Jumat, 12 Maret 2021 | 11:30 WIB

Ilustrasi kemampuan berbahasa Inggris, Business English.

Di lingkungan kerja dan bisnis, kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, khususnya Bahasa Inggris untuk bisnis (Business English), akan sangat bermanfaat karena akan membantu Anda bekerja dengan lebih efektif, bahkan dapat membukakan peluang karier.

Bahasa Inggris masih diakui sebagai bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Ethnologue.com mencatat bahwa hingga tahun 2021 ini, Bahasa Inggris digunakan oleh 1,348 miliar penduduk dunia yang berasal dari 146 negara, dengan jumlah penutur yang menggunakannya sebagai bahasa kedua (English as a second language) mencapai 978,2 juta orang.Bahasa Inggris juga satu-satunya bahasa resmi di  “langit”, karena di dunia penerbangan, semua pilot harus berbicara dan mengidentifikasi dirinya dalam Bahasa Inggris. 

Dengan posisinya sebagai bahasa yang paling banyak digunakan secara internasional dan juga sebagai bahasa formal (lingua franca), Bahasa Inggris pun menjadi bahasa yang dominan di dunia bisnis. Ketika Anda menguasai Bahasa Inggris untuk bisnis (Business English), Anda akan mampu menyampaikan pesan dan mengekspresikan ide-ide dengan lebih profesional. Anda pun akan lebih percaya diri, terutama dalam menjalin hubungan dengan kolega maupun klien.  Bukan tak mungkin, kemampuan ini juga akan membawa karier Anda ke jenjang yang lebih baik. 

Jadi tak ada ruginya mempelajari Business English karena kemampuan ini akan sangat bermanfaat di lingkungan kerja atau lingkungan bisnis lainnya. Berikut kami sajikan lima laman web (situs web) yang dapat Anda manfaatkan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris untuk bisnis.

Business English Pod

Businessenglishpod.com

Businessenglishpod.com

Beroperasi sejak tahun 2006, Business English Pod (BEP) mengklaim telah memberikan lebih dari 75 juta lesson kepada para pembelajar Business English dari berbagai penjuru dunia. 

BEP menyajikan materi belajar Business English untuk mengasah kemampuan bercakap-cakap (conversation) dan kemampuan mendengarkan (listening) Bahasa Inggris, khususnya Business English. Seperti tercermin dari namanya, pembelajaran Bahasa Inggris di situs ini berbasis podcast. 

Business English Pod disarankan untuk intermediate dan advanced English learner yang memiliki skor TOEIC antara 400 hingga 700 atau CEF B1-C2. Namun tidak perlu khawatir karena materi pelajaran dirancang untuk bisa dipelajari oleh siapa saja dengan tingkat pemahaman bervariasi. 

Di situs web ini, kita juga bisa mempelajari kosakata dan idiom Business English. Topik yang dipelajari pun beragam, misalnya Bahasa Inggris untuk meeting, presentasi, negosiasi, wawancara kerja, dan berbagai topik bisnis lainnya, seperti startup, bahkan politik. 

Bagaimana proses belajar di BEP? Setiap podcast akan diawali perkenalan tentang topik dan situasi dalam dialog. Kemudian kita akan mendengarkan dialog yang dibuat berdasarkan contoh nyata dalam lingkungan bisnis. Di bagian “debrief”, mentor akan me-review setiap bagian dari dialog, menjelaskan apa yang diucapkan pembicara dan mengapa, memberikan alternatif ekspresi untuk topik tersebut. Lalu di bagian “practice”, kita diberi kesempatan berlatih menggunakan ekspresi yang baru dipelajari.