Find Us On Social Media :

NTT Ltd: Bisnis di APAC Memandang Pentingnya Adopsi Hybrid Cloud

By Rafki Fachrizal, Jumat, 19 Maret 2021 | 19:15 WIB

Ilustrasi Teknologi Hybrid Cloud

Perusahaan layanan teknologi global, NTT Ltd., baru-baru ini merilis hasil laporan terbarunya yang bertajuk “2021 Hybrid Cloud Report” (Laporan Hybrid Cloud 2021).

Hasil laporan tersebut memperlihatkan bahwa sekarang ini hybrid cloud dipandang penting bagi pelaku bisnis (perusahaan/organisasi) untuk pemrosesan berbasis data dan pengambilan keputusan secara real time, baik sekarang maupun di masa depan.

Laporan ini berdasarkan riset yang dilakukan pada 950 pembuat keputusan di 13 negara dengan wilayah terpilih di Asia Pasifik (APAC).

Dari laporan tersebut, ditemukan fakta bahwa 31,6% responden di APAC berencana untuk menerapkan solusi hybrid cloud dalam kurun waktu 12 hingga 24 bulan ke depan.

Diketahui 60,3% perusahaan di APAC secara global sudah menggunakan atau sedang mengujicoba penggunaan hybrid cloud.

Di sisi lain, 90,0% perusahaan di APAC juga setuju bahwa pandemi COVID-19 yang terjadi telah memaksa bisnisnya untuk mengandalkan teknologi lebih dari sebelumnya.

Rob Lopez, Executive Vice President, Intelligent Infrastructure di NTT Ltd., mengatakan “Saat perusahaan ingin menavigasi di tahun yang baru, mereka harus melihat ke lingkungan hybrid cloud yang telah dioptimalkan untuk ketangkasan, keamanan, dan didukung oleh arsitektur jaringan yang tepat sekaligus memenuhi persyaratan kepatuhan.”

“Hal ini adalah fondasi dari kesuksesan dalam implementasi cloud dan akan memungkinkan bisnis untuk mengatasi segala bentuk gangguan yang dihadapinya," tambahnya.

Baca Juga: Serangan Siber Terhadap Tiga Industri Ini Meningkat Dua Kali Lipat

Hybrid Cloud Mampu Ciptakan Efisiensi

Selama kurun waktu yang tidak pasti, perusahaan terus memperketat keuangan mereka dan menggunakan hybrid cloud untuk meningkatkan efisiensi biaya serta mendorong kinerja organisasi secara keseluruhan.

Laporan tersebut menemukan bahwa peningkatan kecepatan dalam penerapan aplikasi dan layanan merupakan pendorong terbesar adopsi hybrid cloud (38,8%) di APAC, terutama dengan adanya pergeseran ke model kerja terdistribusi yang memungkinkan karyawan dapat bekerja di manapun dan perusahaan perlu mengakses data dan aplikasi dengan cara yang baru, berbeda, dan seringkali rumit.

Menurut responden di APAC, motivasi terbesar lainnya untuk mengadopsi hybrid cloud adalah peningkatan pada kelincahan bisnis secara keseluruhan (38,3%), diikuti oleh total biaya operasional TI yang lebih efisien (34,0%).