Mendukung kegiatan ekspor Indonesia, Shopee Indonesia menggelar Pelatihan Program Ekspor Shopee tahap awal hingga lanjutan bagi para Penjual Ekspor.
Ikut mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia, Shopee Indonesia tak hanya menyediakan akses belanja online bagi masyarakat tapi juga mendukung keberlangsungan UMKM di Indonesia, khususnya yang bernaung dalam program Kampus Shopee.
Salah satu upaya tersebut adalah melalui Program Ekspor Shopee sebagai bentuk komitmen dalam mendukung para pelaku UMKM binaan untuk Go-Global.
“Berkomitmen untuk turut serta mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia, Shopee senantiasa fokus untuk menghadirkan program inovatif yang tidak hanya untuk akses berbelanja online masyarakat Indonesia, tetapi juga untuk mendukung penuh keberlangsungan para pelaku UMKM binaan, salah satunya melalui program ekspor. Para UMKM binaan kami diedukasi, dilatih, dan didampingi secara bertahap untuk dapat melakukan ekspor ke luar Indonesia, khususnya ke negara-negara Shopee beroperasi. Lebih dari itu, guna menjangkau potensi UMKM secara luas, kami juga mendukung program Sekolah Ekspor untuk mewujudkan terciptanya 500.000 eksportir hingga tahun 2030 nantinya," jelas Radityo Triatmojo, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Shopee Indonesia.
Shopee mengadakan serangkaian program yang dimulai dari awal hingga tahap lanjutan untuk Penjual Ekspor melalui Pelatihan Program Ekspor Shopee, khususnya yang dilakukan secara online.
Berikut beberapa proses dan pelatihan yang Shopee bagikan kepada para Eksportir:
1.Tahap awal pendaftaran dan pembekalan
Di tahap ini, calon penjual harus mendaftarkan diri untuk mengaktivasi toko dan operasionalnya di Shopee, dengan pembekalan atas edukasi dan pelatihan yang diberikan secara online, sebelum dapat melakukan ekspor.
a.Tahap awal pendaftaran penjual (UMKM) Shopee dengan seleksi berdasarkankriteria dan ketentuan dari produk dan administrasi calon penjual di Shopee Indonesia.
b.Edukasi dan pelatihan melalui program Kampus Shopee, untuk penjual yang telah terdaftar dan lolos seleksi atas kriteria dengan melakukan penerapan literasi digital.
c.Penjual akan didampingi lebih lanjut untuk pelatihan program ekspor guna onboarding ekspor di aplikasi Shopee.
2.Tahap lanjutan: onboard Program Ekspor Shopee Indonesia
Di tahap lanjutan ini, peserta akan memperoleh edukasi, pelatihan, dan pendampingan ekspor, seperti berikut:
a.Pendaftaran lanjutan untuk Penjual yang akan melakukan Ekspor dengan pembekalan awal dari sistematika dan mekanisme proses melakukan ekspor produk toko di Shopee Indonesia.
b.Pengaktifan toko di luar negeri yang didampingi dengan edukasi dan pelatihan ekspor yang saat ini ditargetkan untuk 100.000 peserta pelatihan, dilakukan secara online mengingat situasi pandemi saat ini. Beberapa materi yang disampaikan adalah:
* Edukasi dan pelatihan yang diberikan melalui berbagai seminar dengan Seller Education Hub (SEH) untuk meningkatkan keberlangsungan ekspor seperti, Webinar Seller Education: Deeper Info Shopee Export.
* Edukasi dan pelatihan terkait hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengekspor barang dengan pendekatan penerapan literasi digital seperti cara mengoperasikan sistem ekspor, memelihara sistem operasional toko, proses ekspor, hingga memelihara sistem persediaan produk.
* Edukasi dan pelatihan terkait ketentuan dan kebijakan operasional ekspor untuk produk jual yang telah memenuhi syarat di quality control.
* Edukasi dan pelatihan terkait sistem pengiriman produk ke Gudang Shopee Indonesia untuk diekspor ke negara tujuan yang sesuai dengan transaksi pembeli di luar Indonesia.
Guna mendukung keberlangsungan dari Program Ekspor untuk para penjual, Shopee Indonesia juga menyiapkan beberapa dukungan, seperti:
1.Program Sekolah Ekspor, yang diadakan asosiasi pemerintahan gabungan antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dengan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (SMESCO). Program Sekolah Ekspor ini memiliki visi untuk menjangkau potensi UMKM yang lebih luas dengan target 500.000 Eksportir di tahun 2030.
2.Kerja sama dengan Bank Indonesia untuk mendukung UMKM binaannya yang akan diberikan edukasi dan pelatihan ekspor guna dapat secara efektif onboard di Shopee Indonesia.
3.Keberlangsungan bisnis para UMKM binaan ini juga turut didukung dengan keikutsertaan dalam berbagai kampanye tematis Shopee, seperti salah satunya adalah kampanye Shopee 4.4 Mega Shopping Day dengan berbagai rangkaian penawaran terbaik untuk para pengguna.
“Harapan kedepannya melalui Pelatihan Program Ekspor ini, para pelaku UMKM binaan kami maupun publik dapat melakukan ekspor secara efektif untuk mencakup jangkauan yang lebih luas guna mendukung keberlangsungan bisnisnya bersama Shopee,” tutup Radityo.
Untuk saat ini, calon penjual ekspor dapat mendaftarkan dirinya secara langsung ke Shopee Indonesia melalui tautan ini dan/atau mengikuti proses edukasi kurikulum program Sekolah Ekspor sebelum mengikuti serangkaian program ekspor di Shopee Indonesia kemudian.