Find Us On Social Media :

Minim Risiko, 3 Kebutuhan ini Cocok Dipenuhi dengan Pinjaman Online

By Adam Rizal, Rabu, 24 Maret 2021 | 06:40 WIB

IndoDana

Kehadiran teknologi memang sudah sepantasnya membuat kehidupan dan aktivitas manusia menjadi jauh lebih mudah dan praktis. Termasuk juga lembaga keuangan digital atau financial technology yang belum lama ini dikenal oleh masyarakat Indonesia. Melalui financial technology atau fintech, masyarakat mampu mengajukan layanan pinjaman berbasis online dengan kelebihan yang tak dimiliki oleh produk pinjaman biasa.

Dengan syarat yang ringan dan proses pengajuan yang simpel, lebih banyak orang memiliki akses pada produk pinjaman uang tersebut. Tak hanya itu, dana yang didapat juga bisa dengan bebas digunakan oleh nasabahnya untuk memenuhi kebutuhan apapun tanpa terkecuali. Yang terpenting, tetap perhatikan jumlah bunga dan cicilan yang dibebankan agar tak sampai mencederai keuangan.

Memang, jika dibandingkan dengan pinjaman biasa, dari bank atau koperasi, pinjaman online memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi. Jika tak diperhitungkan dengan matang, hal tersebut dapat menjadi pemicu kacaunya kondisi keuangan karena beban cicilan yang harus dibayar terlalu besar.

Namun, tenang saja, ada juga kok layanan yang memiliki tingkat suku bunga relatif rendah dan bersaing. Syarat mudah dan proses pengajuan yang instan membuat layanan pinjaman digital ini menjadi salah satu primadona bagi masyarakat yang sedang terkendala masalah keuangan mendesak. Nah, bagi Anda yang berniat untuk memanfaatkan layanan tersebut, simak 3 kebutuhan mendesak yang cocok dipenuhi dengan pinjaman online berbunga rendah berikut ini.

  1. Mencukupi Kebutuhan Harian yang Sudah Mendesak

Pinjaman online memang sejatinya ditujukan bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan dana tunai dengan cepat untuk penuhi kebutuhan mendesak. Karena tak ada batasan penggunaannya, Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan apapun, termasuk keperluan harian yang tak bisa ditunda.

Sebagai contoh, tanggal gajian Anda masih kurang satu minggu lagi. Namun, token listrik di rumah sudah hampir habis dan harus segera diisi. Ketimbang harus hidup selama beberapa hari tanpa listrik, Anda dapat menalangi biaya pengisian token listrik tersebut dengan pinjaman online dan baru melunasi tagihannya saat hari gajian tiba.

Dengan proses pengajuan yang instan, bahkan tak lebih dari 24 jam dana bisa langsung dicairkan, Anda dapat memenuhi kebutuhan harian mendesak dengan layanan tersebut. Dengan tingkat bunga harian berkisar antara 0,4 persen sampai 0,8 persen, Anda tinggal mencari layanan pinjaman online yang terpercaya dan memiliki kredibilitas tinggi.

Salah satu rekomendasi pinjaman online yang dapat digunakan adalah Indodana. Sebagai fintech terdaftar dan telah mengantongi izin usaha dari OJK, segala kebijakan Indodana, mulai dari, tingkat suku bunga, tenor pelunasan, hingga metode penagihan, pasti telah sesuai dengan regulasi yang berlaku. Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi dengan keamanan keuangan serta privasi saat menjadi nasabah pinjaman online dari Indodana.

  1. Sebagai Pengganti Dana Darurat

Dana darurat sudah seharusnya dimiliki oleh setiap orang ataupun keluarga. Nominal dari dana darurat ini pun bervariasi tergantung dari jumlah tanggungan yang dimiliki. Sebagai contoh, saat sudah berkeluarga dengan 2 anak, dana darurat yang harus Anda miliki setidaknya adalah 6 kali pengeluaran setiap bulan.

Tujuannya agar saat muncul masalah keuangan mendadak, seperti, mengalami PHK, harus membayar tagihan rumah sakit atau pendidikan, keuangan Anda telah siap untuk menghadapinya. Lantas, bagaimana jika dana darurat belum terkumpul saat masalah keuangan tersebut terlanjur muncul? Mengajukan pinjaman online tentu dapat menjadi solusi terbaik untuk dipilih.

Namun, karena dana yang diajukan tidak sedikit, ukur dulu kemampuan keuangan saat ini. Jangan sampai beban cicilan malah menjadi pemicu masalah keuangan lain yang lebih serius, walaupun tingkat bunganya terbilang rendah. Sebagai acuan, hindari mengajukan pinjaman dengan beban cicilan melebihi 30 persen dari penghasilan bulanan agar kebutuhan pokok lain tetap terpenuhi.

  1. Menjadi Tambahan Modal Usaha

Kebutuhan terakhir yang amat cocok dipenuhi dengan pinjaman online berbunga rendah adalah tambahan modal usaha. Tak harus besar, Anda dapat mengajukan pinjaman online untuk memulai bisnis sampingan yang sesuai dengan hobi maupun kemampuan Anda. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan bisnis, seperti, membeli peralatan usaha, bahan baku, dan sebagainya.