Find Us On Social Media :

Agar Lancar dan Menang Terus saat Main Game Mobile, Pertimbangkan 3 Hal Ini Saat Beli Ponsel

By Fathia Yasmine, Senin, 29 Maret 2021 | 19:32 WIB

Ilustrasi bermain game di smartphone

Bermain game di ponsel merupakan kebiasaan yang sebenarnya sudah dilakukan banyak orang sejak lama. Anda tentunya ingat dengan game ponsel legendaris Snake yang dapat dimainkan di ponsel Nokia.

Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi ponsel, game yang dimainkan semakin canggih. Jenis permainannya lebih beragam, mulai dari arcade hingga battle royale. Mekanisme permainannya lebih beragam dan tentunya tampilan grafisnya lebih advance serta realistis.

Bermain game di ponsel masih digemari karena lebih praktis karena tak memerlukan konsol. Meski begitu, supaya bisa memainkan beragam game, ponsel memerlukan spesifikasi hardware yang mumpuni. 

Performa serta pengalaman bermain yang nyaman bagi pengguna sangat bergantung pada spesifikasi ponsel. Misalnya saja Fortnite, game satu ini hanya bisa dimainkan di ponsel dengan RAM sekurang-kurangnya 4 GB.

Baca Juga: tiket.com, Kemenparekraf Gelar Diskusi untuk Pulihkan Pariwisata Labuan Bajo

Selain itu, prosesor (CPU) yang digunakan pun harus berarsitektur ARM64 (64 bit), dengan pengolah grafis minimal Adreno 530, Mali-G71 MP20, atau Mali-G72 MP12. Fortnite juga hanya  bisa dipasang pada ponsel dengan sistem operasi Android versi 8.0 (Oreo) atau yang lebih baru.

Ponsel juga harus memiliki sistem penyimpanan yang lega, karena game satu ini memakan memori internal hingga 7 GB. Bayangkan, jika ponsel memiliki memori terbatas, beberapa aplikasi mau tidak mau harus dihapus guna melegakan ruang penyimpanan.

Jika Anda berencana untuk mengganti ponsel lama dengan ponsel baru yang lebih canggih untuk bermain game, tidak ada salahnya mempertimbangkan spesifikasi yang dapat menyokong keseruannya.

Namun, selain mempertimbangkan segi hardware, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan poin-poin penting berikut ini.

Baca Juga: Sony Indonesia Resmi Luncurkan Kamera Flagship Alpha 1, Harganya?

Kualitas layar

Berfungsi menampilkan permainan sekaligus sebagai konsol virtual, ukuran dan kualitas layar memainkan peran penting dalam menciptakan pengalaman main game terbaik. Ukuran layar yang lega akan memberikan jarak pandang yang lebih luas, sementara kualitas layar detail dengan warna yang tajam dapat memberikan pengalaman bermain yang lebih nyaman secara visual.