Find Us On Social Media :

Cloudera Data Platform Kini Tersedia di Google Cloud

By Liana Threestayanti, Kamis, 1 April 2021 | 21:10 WIB

Cloudera Data Platform kini telah tersedia di Google Cloud

Cloudera mengumumkan ketersediaan Cloudera Data Platform (CDP)  di Google Cloud mulai 31 Maret lalu.

Dengan kehadiran platform data dan analitik hybrid dan multi cloud ini di Google Cloud, Cloudera memenuhi janjinya menawarkan platform data enterprise pada skala global. 

Google Cloud adalah public cloud pilihan bagi sejumlah perusahaan dan ketersediaan CDP di platform Google Cloud akan membuat pengguna memiliki lebih banyak pilihan, kemampuan, dan kapasitas.

Memahami data dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan yang terdepan di pasar. Namun banyak perusahaan kewalahan menangani data bervolume sangat besar dan tidak memiliki cukup banyak waktu untuk menganalisis data tersebut. 

Dengan ketersediaan CDP Data Hub di Google Cloud, perusahaan memiliki akses instan ke data berkualitas yang disajikan oleh platform enterprise data cloud yang scalable dan berbasis open source.

Cloudera Data Platform di Google Cloud menggunakan Shared Data Experience (SDX) dari Cloudera, untuk menciptakan data lake yang aman di dalam akun Google Cloud sebuah perusahaan. Melalui CDP, perusahaan dapat memperoleh layanan analitik dan machine learning dalam hitungan menit. 

Dengan CDP di Google Cloud, perusahaan dapat dengan mudah melakukan migrasi pipeline data yang ada ke Google Cloud atau dengan cepat menyiapkan pipeline baru untuk dapat menyerap data dari sumber yang ada atau dari sumber data baru.

“Kami telah melihat banyak perusahaan semakin memberikan prioritas pada unsur portabilitas di antara cloud provider serta di antara public cloud dan data center perusahaan agar dapat memaksimalkan agility dan tidak terkunci pada teknologi tertentu (lock-in),” kata Dale Vile, CEO, Freeform Dynamics. 

Menurut Dale, dukungan Cloudera untuk GCP, selain AWS, Azure, dan lingkungan on-premise, sejalan dengan strategi hybrid /multi-cloud yang diterapkan oleh banyak perusahaan. Dengan demikian, perusahaan dapat memanfaatkan data secara fleksibel di seluruh bisnisnya.

Salah satu perusahaan yang mengikuti uji awal CDP di Google Cloud adalah Commerzbank. “Partisipasi kami dalam tes awal Cloudera Data Platform di Google Cloud menunjukkan bahwa kombinasi keduanya dapat menghasilkan kecepatan dan agilitas yang dibutuhkan oleh dunia bisnis tanpa mengorbankan keamanan dan tata kelola data," komentar Nico Wolf, Chapter Lead - Big Data Platform Engineering, Commerzbank. 

“Didorong oleh DNA open source kami, Cloudera membantu perusahaan-perusahaan memahami setiap bit data di seluruh arsitektur hybrid, multi-cloud, dan on-premise,” kata Mick Hollison, President, Cloudera. “Cloudera membantu mayoritas perusahaan Top 100 perusahaan yang ada dalam daftar Fortune 500 untuk memanfaatkan insight serta mewujudkan tata kelola dan kepatuhan terhadap aturan di seluruh lifecycle data. Kami senang bisa menghadirkan keahlian kami di Google Cloud," Mick menambahkan.

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan teknologi dan kemitraan untuk mendukung transformasi digital berbasis data di dunia bisnis dan membantu mereka menghadirkan data di tangan setiap tim,” kata Sudhir Hasbe, Senior Director, Product Management di Google Cloud. “Dengan hadirnya Cloudera di Google Cloud, para pengguna dapat menerapkan dan mengelola platform serta aplikasinya dengan cepat dalam skala global,” imbuh Sudhir