Find Us On Social Media :

Perang Melawan Bot: Mengurangi Fake Listens serta Bulk Stream

By Cakrawala, Minggu, 4 April 2021 | 20:45 WIB

Ilustrasi bot.

Penulis: April Tayson (Regional VP, INSEA, Adjust)

 

Setiap pagi, jutaan orang bangun dan minum segelas kopi sembari mendengarkan musik favorit mereka —lagu tersebut kemungkinan besar diputar menggunakan layanan streaming musik. Meningkatnya popularitas platform streaming telah secara signifikan mengubah kebiasaan masyarakat dalam mendengarkan musik. Menurut laporan “Emerging Digital Life in South and Southeast Asia” yang diterbitkan oleh Deloitte, streaming musik menjadi salah satu dari tiga mode hiburan digital yang paling disukai oleh kaum muda. Dengan meningkatnya pengadopsian gaya hidup digital di kawasan ini, pasar streaming musik daring di Asia Pasifik diproyeksikan akan mencapai lebih dari US$13 Juta pada tahun 2027.

Pertumbuhan streaming musik yang kuat dan stabil menawarkan peluang dan manfaat jangka panjang bagi industri musik secara keseluruhan. Akan tetapi, para penipu juga menargetkan layanan streaming serta mencuri pendapatan musisi dan artis. Oleh karena itu industri streaming musik harus mengambil langkah-langkah tegas agar dapat menang dalam perang melawan para penipu yang menggunakan bot untuk bulk stream dan fake listens.

Keekonomian Streaming

Hal pertama yang perlu dipahami adalah cara kerja industri streaming. Saat pelanggan membayar paket berlangganan setiap bulan, pendapatan tersebut akan diakumulasi. Platform streaming akan mendapatkan bagian, yakni persentase tertentu dari total pendapatan. Akan tetapi, sebagian besar pendapatan akan dialokasikan kepada label rekaman, distributor, penerbit, dan lembaga manajemen kolektif (collecting societies). Musisi seringkali menjadi pihak terakhir yang mendapatkan bayaran berdasarkan ketentuan dalam kontrak mereka.

Mengumpulkan Harta Karun

Para penipu menggunakan bot untuk mengambil pendapatan dari pengiklan melalui dua cara. Yang pertama adalah dengan memainkan lagu “palsu” milik nonartis tanpa henti. Dengan cara ini, musisi bersangkutan akan mendapatkan “listens” serta tampak lebih populer dengan peringkat dan rating yang tinggi di platform streaming. Dengan bot, nonartis dapat diam-diam mengambil jutaan dolar dari artis sesungguhnya melalui ribuan akun palsu dan memainkan lagu yang terdaftar atas nama penipu.

Sebagian besar layanan streaming mensyaratkan bahwa lagu harus berdurasi minimal 30 detik agar dapat dimonetisasi. Dengan adanya 86.400 detik per hari, pasukan bot dapat memutar 2.880 lagu per hari per perangkat, sehingga 1.000 bot dapat memutar sekitar 2,9 juta lagu per hari. Ini setara dengan kurang lebih 86,4 juta pemutaran palsu per bulan, ekuivalen dengan pendapatan senilai seperempat juta dolar per bulan.

Mesin Hype

Seiring dengan penawaran layanan dari platform streaming seperti Spotify, Amazon, dan Apple Music ke kawasan Asia Pasifik, jumlah pengguna yang tertarik untuk menggunakan streaming musik makin bertambah dengan adanya penawaran khusus dan trial gratis. Playlist yang dikustomisasi dan kemudahan menggunakan peramban juga membuat lebih banyak pengguna baru tertarik untuk menggunakan platform streaming.