Find Us On Social Media :

Update Software PS5 Dirilis, Ada Opsi Penyimpanan Eksternal

By Liana Threestayanti, Kamis, 15 April 2021 | 14:35 WIB

PlayStation 5

Pembaruan (update) signifikan pertama pada system software PlayStation (PS) telah dirilis kemarin secara global. Pembaruan ini menyertakan beberapa peningkatan dan sejumlah fitur baru.

Apa saja fitur baru dan pembaruan pada PS5, PS4, dan aplikasi PlayStation?

Ekspansi Penyimpanan ke Drive USB Eskternal

Dengan fitur ini, pengguna dapat mentransfer gim PS5 dari storage internal di konsol ke USB storage sehingga memperluas kemampuan menyimpan konsol. Pengguna juga dapat dengan mudah menyalin kembali gim PS5 ke storage internal saat pengguna siap untuk bermain gim.

Meski bisa disimpan di USB drive, gim-gim PS5 tidak bisa dimainkan dari drive eksternal karena gim-gim ini dirancang untuk memanfaatkan SSD berkecepatan tinggi yang ada di konsol. Gim-gim PS5 ini juga tidak bisa diunduh ke USB storage. Namun gim yang dipindahkan atau disalin ulang ke storage internal akan otomatis diperbarui jika update tersedia. 

Fitur Sosial untuk Konsol PS5 dan PS4

Pengguna PS4 dan PS5 kini dapat memanfaatkan fitur sosial Share Play. Dengan fitur ini, pengguna konsol PS5 dapat membagi layar gim yang sedang dimainkannya kepada teman-temannya yang menggunakan konsol PS4. Nah teman-temannya ini pun dapat mencoba memainkan gim PS5 melalui fitur Share Play atau sebaliknya. Opsi-opsi yang tersedia pada fitur ini adalah berbagi tampilan layar dengan teman, memberikan controller secara virtual kepada teman, atau memberikan controller kedua secara virtual untuk memainkan co-op game. 

Sejumlah joinable game session kini akan muncul di konsol PS5 dan PS4, sehingga kesempatan bermain bersama akan semakin banyak. 

Opsi “Request to Join” juga berfungsi sebagai shortcut untuk mengirimkan game invite sehingga pengguna dapat segera bermain bersama.  Melalui menu Privacy Settings, pengguna dapat mengatur siapa yang dapat berinteraksi melalui party, gim, dan pesan.

Peningkatan Opsi Control dan Personalisasi untuk Konsol PS5

Ada beberapa peningkatan pada control dan fitur personalisasi di konsol PS5. Menu Game Base telah ditingkatkan sehingga bisa pengguna bisa dengan lebih cepat mengakses konten dan fitur penting. Pengguna bisa dengan mudah berpindah antara Friends dan Parties untuk mulai mengobrol. 

Ada pula fitur untuk mematikan in-game chat. Fitur ini akan mematikan mic audio pengguna dan voice audio pemain yang lain. Dan pengguna juga bisa mengatur volume voice chat pemain lainnya di chat yang sama.