Find Us On Social Media :

Review SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB: Cepat dan Tangguh

By Cakrawala, Selasa, 20 April 2021 | 10:00 WIB

SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB.

Kehadiran SSD telah mengubah lanskap media simpan untuk PC desktop dan laptop. Kini SSD sudah lazim menjadi pilihan untuk media simpan utama pada PC desktop dan laptop. Pasalnya, secara umum SSD memang memberikan kinerja yang lebih baik dari HDD. Itu pula yang ditawarkan oleh SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 yang merupakan media simpan portabel. Adapun varian yang hadir di InfoKomputer dan diuji kali ini adalah yang berkapasitas 2 TB.

Sebagai media simpan eksternal yang portabel, SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB pun tidak hanya menawarkan kecepatan transfer yang bagus. Perangkat ini juga menawarkan dimensi yang ringkas dan bobot yang ringan. Selain itu, sebagai SSD, SanDisk Extreme Pro SSD V2 juga lebih tahan terhadap guncangan dibandingkan HDD.

SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB menggunakan porta USB 3.2 Gen 2x2 Type-C.

SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB hadir dengan dimensi 11,03 x 5,73 x 1,02 cm dan bobot sekitar 80 gr. Dibandingkan HDD portabel 2,5 inci pada umumnya, SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB lebih ringkas dan ringan. Ambil contoh My Passport 2 TB dari Western Digital yang memiliki dimensi 10,72 x 7,5 x 1,12 cm dan bobot sekitar 120 gr; SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB jelas lebih ringkas dan lebih ringan.

Sementara, untuk kinerjanya, menilik dari antarmuka yang digunakan, SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB sewajarnya memiliki kinerja yang tinggi. Pasalnya, SanDisk Extreme Pro SSD V2 menggunakan antarmuka USB 3.2 Gen 2x2. Antarmuka ini menawarkan kecepatan transfer teoritis maksimal sekitar 2,43 GB/s.

Kabel yang disertakan pada paket SanDisk Extreme Pro Portable SSD V2 2 TB; Kabel USB Type-C ke USB Type-C, kabel USB Type-C ke USB Standard-A.