Find Us On Social Media :

Inilah Lima Situs yang Bisa Digunakan Membuat Barcode secara Gratis

By Cakrawala, Kamis, 29 April 2021 | 10:00 WIB

Ilustrasi barcode.

 

Barcode yang merupakan representasi data dalam bentuk visual yang bisa dibaca oleh mesin, sudah digunakan sejak lama. Barcode misalnya digunakan untuk identifikasi cepat suatu item. Di kantor InfoKomputer contohnya barcode digunakan untuk identifikasi alat kerja perusahaan. Barcode atau bar code sendiri awalnya diciptakan oleh Norman Joseph Woodland and Bernard Silver pada tahun 1949. Namun, butuh waktu hingga menjadi seperti yang digunakan saat ini. Begitu pula dengan lazimnya penggunaan barcode itu.

Sewajarnya, pihak yang menggunakan barcode secara reguler memiliki perkakas yang bisa membuat barcode. Namun, jika Anda tidak secara reguler memanfaatkan barcode dan saat ini atau pada masa depan perlu membuat barcode untuk keperluan pribadi, tersedia berbagai situs yang bisa digunakan untuk membuatnya secara gratis alias free online barcode generator. Berikut ini InfoKomputer pilihkan lima situs yang bisa digunakan membuat barcode tersebut secara gratis. Oh ya, barcode yang dimaksud di sini berfokus pada barcode yang linier alias satu dimensi, bukan yang dua dimensi seperti QR code.

1. TEC-IT

TEC-IT menawarkan pembuatan barcode dengan beragam symbology secara gratis. Sebenarnya, free online barcode generator yang ditawarkan oleh TEC-IT lebih ditujukan untuk menunjukkan kemampuan dari TbarCode SDK-nya yang bisa memudahkan perusahaan dalam membuat dan mencetak barcode maupun pengembang aplikasi dalam menghadirkan kemampuan barcode pada aplikasinya. Namun, Anda tentu bisa memanfaatkannya untuk membuat barcode secara gratis. Free online barcode generator TEC-IT ini bisa diakses di https://barcode.tec-it.com/en.

TEC-IT.

Seperti telah disebutkan, TEC-IT menawarkan berbagai symbology. Selain itu, TEC-IT juga menawarkan pembuatan barcode yang dua dimensi seperti QR code. Setelah memilih tipe, memilih symbology, memasukkan data, dan membuat barcode; Anda bisa mengunduh barcode tersebut ke komputer yang digunakan. Anda pun bisa mengatur resolusi dari gambar barcode bersangkutan, begitu pula dengan “lebarnya” dan format berkasnya.

2. Barcodes

Barcodes; tepatnya Barcodes, Inc merupakan perusahaan yang menawarkan solusi sehubungan barcode. Namun, seperti TEC-IT, Barcodes juga menyediakan free online barcode generator yang bisa digunakan untuk membuat barcode secara gratis. Layanan tersebut bisa ditemukan di www.barcodesinc.com/generator. Berbeda dengan TEC-IT, layanan dari Barcodes hanya mendukung symbology Code 39 dan Code 128.

Barcodes.

Berhubung hanya mendukung Code 39 dan Code 128, Barcodes pun lebih praktis digunakan. Secara default yang dipilih adalah Code 128B. Jika Anda ingin membuat barcode dengan symbology tersebut, Anda tinggal memasukkan data yang diinginkan diikuti satu kali klik untuk beroleh barcode bersangkutan. Anda kemudian bisa mengunduh barcode yang telah dibuat dengan mengeklik kanan gambar barcode itu dan melakukan penyimpanan alias save as. Terdapat pula Advanced Options yang membolehkan Anda untuk mengatur beberapa hal seperti ketinggian gambar barcode yang dihasilkan.