Find Us On Social Media :

Review Canon PIXMA Ink Efficient G3020: Pencetakan Lebih Banyak

By Dayu Akbar, Jumat, 30 April 2021 | 10:00 WIB

Canon PIXMA Ink Efficient G3020.

Canon punya lini pencetak maupun multifungsi PIXMA seri G terbaru yang terdiri dari PIXMA Ink Efficient G1020, G2020, G3020, dan G3060. Sesuai urutannya, perangkat tersebut hadir dengan spesifikasi yang paling sederhana sampai paling lengkap.

Sebagai perangkat dengan sistem Ink Tank atau CISS (continuous ink supply system), keempat perangkat tersebut sama-sama memiliki teknologi terbaru untuk mendukung kebutuhan pencetakan dalam jumlah besar, cepat, dan hemat. Selain itu, kemudahan perawatan juga jadi keunggulan lain yang ditawarkan PIXMA seri G. Tentu saja dengan seri yang berbeda, berbeda pula kemampuan serta fitur yang ditawarkannya, sesuai dengan kebutuhan pengguna yang beragam.

Nah, PIXMA Ink Efficient G3020 yang kami uji ini memiliki posisi yang dekat dengan seri tertingginya, G3060. Jika dibanding dengan G3060, perbedaan mendasar terdapat pada kecepatan saat mencetak dan menggandakan atau menyalin dokumen saja. PIXMA Ink Efficient G3020 sendiri ditujukan untuk meningkatkan produktivitas di lingkungan rumah, kantor, ataupun UKM.

Ink Valve Lever ini berguna untuk mengunci aliran tinta. Posisikan lever ke arah kanan ketika perngkat hendak digunakan untuk mencetak.

Sebagai perangkat multifungsi, PIXMA Ink Efficient G3020 memiliki tiga fungsi yakni sebagai pencetak (printer), penyalin atau mesin fotokopi (copier), dan pemindai (scanner). Secara fisik, meski bukan yang paling ringkas, perangkat multifungsi ini bisa dibilang kompak di kelasnya. Hal itu juga dikarenakan dukungan ukuran kertas yang hanya mencapai A4.

Desainnya masih khas ala multifungsi Canon. Bagian atas pada sisi kanan merupakan area flatbed untuk memindai dan menyalin dokumen. Sementara, pada sisi kiri terdapat beberapa tombol dan LCD untuk menjalankan fungsi secara langsung tanpa bantuan komputer. Untuk menampung kertas, terdapat tray yang ada pada sisi belakang dengan daya tampung sampai 100 lembar. Adapun tray keluaran kertasnya pada bagian depan bisa menampung dengan kapasitas sama. Kapasitas itu memang tidak terlalu besar, tetapi sudah sesuai dengan peruntukannya.

Berbeda dengan tinta sian, kuning, dan magenta yang ada pada sisi kanan; tinta hitam dengan kapasitas lebih besar di tempatkan pada sisi kiri.