Find Us On Social Media :

Menyusul Global, LG Umumkan Lini TV-nya untuk Tahun 2021 di Indonesia

By Cakrawala, Senin, 10 Mei 2021 | 20:30 WIB

LG C1, salah satu OLED TV LG untuk tahun 2021 di Indonesia.

LG Electronics telah mengumumkan perihal lini TV-nya untuk tahun 2021 di Indonesia. LG menyampaikan hal itu pada awal bulan Mei ini dan menegaskan bahwa lini tersebut akan dipimpin oleh OLED TV. Sebelumnya, seperti yang InfoKomputer beritakan di sini, LG telah mengumumkan peluncuran lini TV-nya untuk tahun 2021 secara global. Meski tidak semua, beberapa dari TV yang telah diumumkan terlebih dulu secara global itu, akan hadir di Indonesia. OLED TV sendiri sejak lama memang menjadi flagship LG untuk TV. Dibandingkan sebelumnya, OLED TV LG untuk tahun 2021 tentunya menawarkan peningkatkan yang memungkinkan pengalaman menonton TV yang lebih baik lagi.

“Dengan membawa hampir seluruh seri yang sebelumnya hadir dan mendapat apresiasi besar dalam pameran elektronik terbesar di dunia, CES 2021, koleksi TV LG tahun ini akan disiapkan untuk membawa peluang lebih besar bagi masyarakat Indonesia untuk merasakan pengembangan terkini yang dapat diharapkan dari sebuah TV,” ujar Verina Widya (Product Marketing of Home Entertainment LG Electronics Indonesia).

Seperti saat pengumuman global pula, salah satu seri OLED TV untuk tahun 2021 yang dikedepankan LG adalah G1. LG menyebutkan G1 menggunakan OLED evo. Dibandingkan OLED, LG mengklaim OLED evo mampu menghasilkan kecerahan yang lebih tinggi. LG menambahkan bahwa OLED evo adalah evolusi selanjutnya dari OLED. Dengan kecerahan lebih tinggi yang ditawarkan OLED evo tersebut, LG G1 memperbaiki kekurangan akan tingkat kecerahan yang dimiliki OLED TV sebelumnya.

Sebagai panel yang memancarkan cahayanya sendiri, suatu piksel pada OLED bisa menampilkan warna hitam yang benar-benar hitam meski piksel lain di sekitarnya menampilkan warna lain. Dengan kata lain, OLED TV bisa menampilkan warna hitam yang benar-benar hitam pada berbagai skenario — sesuatu yang belum bisa dilakukan oleh LCD TV. Namun, OLED biasanya memiliki tingkat kecerahan yang terbatas dibandingkan backlight dari LCD TV. OLED evo memperbaiki kekurangan tersebut.

Selain itu, LG juga menyoroti OLED TV seri C1 dan A1. LG C1 merupakan OLED TV dengan opsi ukuran diagonal layar yang paling banyak dan diyakini akan menjadi pilihan yang paling populer, sedangkan LG A1 merupakan OLED TV yang ditujukan sebagai pilihan bagi peminat baru yang lebih mencari harga kompetitif. Kombinasi keduanya diyakini LG akan mebuat OLED TV-nya makin mudah dijangkau masyarakat Indonesia. Detail lebih lengkap mengenai lini OLED TV LG untuk tahun 2021 di tanah air bisa dilihat di www.lg.com/id/oled-tv.

LG pun memastikan bahwa lini TV-nya untuk tahun 2021 di Indonesia tetap mengandung LCD TV. Bila tahun sebelumnya LG mengedepankan NanoCell TV, kini LG menambahkan QNED Mini LED TV. QNED Mini LED TV merupakan LCD TV yang memanfaatkan LED berukuran mini atau Mini LED sebagai backlight-nya. Karena berukuran lebih kecil dari LED yang biasa digunakan sebagai backlight pada LCD TV, jumlah Mini LED yang bisa dimanfaatkan sebagai backlight pada LCD TV berukuran sama adalah lebih banyak.

LG mengklaim QNED Mini LED TV memiliki ribuan zona yang tingkat kecerahannya bisa dinaikkan dan diturunkan sesuai konten secara individual; lebih banyak dari LCD TV konvensional. Jadi, gambar yang mengandung area terang dan gelap secara berdekatan bisa ditampilkan dengan lebih baik; area yang terang bisa tampil terang tanpa membuat area yang gelap menjadi kurang gelap. Lebih lengkapnya mengenai LG QNED Mini LED TV bisa dilihat pada artikel InfoKomputer di sini.

Adapun untuk ketersediaan para TV baru LG untuk tahun 2021 itu ditargetkan mulai bulan Juni 2021 yang akan datang. Begitu pula informasi harganya.