Find Us On Social Media :

Farrah Nurul Fatimah: Perempuan Pemimpin Product Design di Tokopedia

By Rafki Fachrizal, Kamis, 6 Mei 2021 | 17:30 WIB

Farrah Nurul Fatimah (Product Design Lead, Tokopedia)

Sejak adanya era emansipasi, perbedaan gender sudah tidak berlaku lagi di dunia profesional.

Tidak hanya laki-laki, perempuan di masa sekarang juga bisa membuktikan keahlian dan kemampuannya untuk menduduki posisi tertentu di sebuah perusahaan. Bahkan, di perusahaan teknologi yang biasanya didominasi oleh para laki-laki.

Sosok perempuan bernama Farrah Nurul Fatimah misalnya. Sebagai Product Design Lead Tokopedia, ia menjadi salah satu perempuan pemimpin yang mendorong lahirnya berbagai inovasi di perusahaan Tokopedia untuk mempermudah kehidupan masyarakat.

Berdasarkan penuturannya, ketertarikan Farrah terhadap dunia teknologi meningkat saat dirinya bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2013 sebagai Web Designer.

“Saat itu, web designer Tokopedia hanya 3 orang. Kami bertanggung jawab mengembangkan website (situs) Tokopedia agar mudah digunakan masyarakat,” tutur Farrah.

Farrah juga merupakan salah satu Nakama (karyawan Tokopedia) yang mengawali keberadaan produk digital di Tokopedia, seperti pembayaran pulsa, tagihan listrik, dan sebagainya.

Berkat terobosan ini, banyak masyarakat yang terbantu dalam memenuhi kebutuhan produk digital - dilihat dari jumlah transaksi produk digital di Tokopedia yang meningkat signifikan sejak diluncurkan.

Dari posisi Web Designer, Farrah kemudian dipercaya menjadi Product Design Lead di Tokopedia.

Ia bersama puluhan Product Design Lead Tokopedia memimpin ratusan Nakama untuk mengembangkan berbagai produk di website maupun aplikasi Tokopedia.

Baca Juga: Mitra Bisnis DANA Enterprise Kini Bisa Mengunggah Promosinya Sendiri

Inovasi yang dikembangkan termasuk fitur inbox, chat, notifikasi, halaman bantuan/pusat resolusi hingga layanan streaming, yaitu Tokopedia Play.

“Tokopedia Play menjadi terobosan di industri e-commerce yang memungkinkan penjual berinteraksi langsung dengan masyarakat melalui live shopping,” cetus Farrah.

Antusiasme masyarakat terhadap konten di Tokopedia Play terlihat dari total penonton yang mencapai lebih dari 8 juta selama kuartal I-2021.