Find Us On Social Media :

Mengungkap Cara Tim Engineer Tokopedia Mengoptimalkan Web dan Aplikasi

By Rafki Fachrizal, Selasa, 18 Mei 2021 | 17:20 WIB

Tokopedia

Di bulan Mei ini, perusahaan e-commerce Tokopedia akan kembali menggelar acara “START Summit Extension”.

Untuk diketahui, START Summit Extension merupakan webinar yang menghadirkan para tim engineer Tokopedia sebagai pembicara untuk membagikan wawasan seputar teknologi yang ada di Tokopedia ke para pesertanya.  

Di gelaran START Summit Extension kali ini, akan membahas tema mengenai “How Engineering Productivity Optimize Tokopedia Web and App Releases”.

Ada dua pembicara yang bakal hadir yaitu Fanny Budiman (Test Engineer Lead – Web, Tokopedia) dan Elly Susilowati (Test Engineer Lead – iOS, Tokopedia).

Nantinya, ada lima poin yang akan menjadi fokus pembicaraan dalam webinar tersebut. Pertama, penjelasan mengenai gambaran besar dari proses pengembangan web dan aplikasi Tokopedia.

Dalam pengembangan dua platform tersebut, setiap fitur baru yang dihadirkan Tokopedia diuji terlebih dahulu oleh tim engineer sebelum masuk dalam tahap produksi.

Poin kedua, membahas terkait pemeriksaan pra-rilis agar perubahan dari web dan aplikasi dapat disetujui.

Menurut tim engineer di Tokopedia, pemeriksaan pra-rilis penting dilakukan agar segala sesuatu yang ingin dicapai dapat terwujud sempurna.

Baca Juga: Farrah Nurul Fatimah: Perempuan Pemimpin Product Design di Tokopedia

Sehingga, web dan aplikasi yang sudah dimutakhirkan dapat dinikmati pengguna akhir dengan terbebas dari bug (masalah).

Poin ketiga, terkait dengan daftar periksa yang diterapkan Tokopedia setelah web dan aplikasi baru dirilis.

Diketahui, tim engineer Tokopedia tidak hanya memiliki daftar periksa setelah rilis, tapi juga ketika web dan aplikasi masih ditahap produksi guna memastikan semua yang dihasilkan dapat bekerja dengan stabil.

Poin keempat, akan dibahas mengenai tindakan apa saja yang diterapkan ketika perilisan web atau aplikasi tidak bekerja dengan sempurna. Tokopedia sendiri memiliki SOP jika hal itu terjadi sewaktu-waktu.