Find Us On Social Media :

Review OPPO Reno5 F: Beda Resolusi, tetapi Kameranya Tetap Asyik

By Dayu Akbar, Minggu, 23 Mei 2021 | 10:00 WIB

OPPO Reno5 F.

Sesuai namanya, Reno5 F merupakan versi lebih minimalis dibanding Reno5. Versi ini bisa jadi solusi bagi pengguna yang ingin mendapatkan performa khas seri Reno yang unggulkan kamera, tetapi dengan harga lebih terjangkau. Dan perlu diketahui, jika Reno5 F ini merupakan suksesor dari Reno4 F.

Namun, jika dibanding Reno4 F, secara spesifikasi tidak banyak pembaruan yang hadir di sini. Mulai dari SoC, ukuran layar, sampai jumlah dan resolusi kamera belakang, semuanya masih sama. Perbedaan hanya terdapat pada resolusi kamera swafoto, kapasitas baterai, sistem operasi, serta desain kamera belakang dan kamera swafoto. Lalu apakah ini jelek? Tentu tidak. Reno5 F membawa semua keunggulan yang ada pada Reno4 F dan menambahkan beberapa fitur terbaru sebagai daya tariknya.

Dari tampilannya, kami melihat Reno5 F terlihat lebih modern dengan desain bagian belakang yang disebut OPPO dengan Flowing Light. Bagian ini menggunakan bahan polikarbonat bertekstur matte dengan lapisan glossy. Desain ini membuatnya sekilas terlihat mirip kaca yang keren, apalagi saat terkena pantulan cahaya. Ada dua pilihan warna yang tersedia yaitu fluid black (hitam) dan fantastic purple (ungu). Unit yang kami uji memiliki warna fluid black dengan gradasi halus dari warna hitam gelap ke hitam yang lebih terang.

Meski empat kamera belakangnya punya resolusi yang sama dengan Reno4 F (kiri), tetapi Reno5 F (kanan) menggunakan desain yang berbeda.

Secara dimensi, Reno5 F mirip dengan Reno4 F, tetapi dengan bobot sedikit lebih berat. Bobot ini sedikit banyak dipengaruhi oleh ukuran baterai yang lebih besar yaitu 4.310 mAh. Untuk ukuran maupun spesifikasi layarnya, masih sama dengan Reno4 F, yaitu berukuran 6,43 inci dengan resolusi 2.400 x 1.080 piksel dan menggunakan panel AMOLED. Selain tampilan yang tajam dan jernih, panel ini memungkinkan OPPO untuk menyematkan sensor sidik jari di bawah layar. Berbeda dengan Reno5 yang memiliki refresh rate 90 Hz, Reno5 F menggunakan refresh rate standar 60 Hz.

Bagi sebagian orang perbedaan refresh rate tersebut tidak akan terlalu terasa. Apalagi pergerakan saat kami melakukan perpindahan layar atau melakukan scrolling, cukup lancar dan tidak terdapat jeda maupun lag. Begitu pula ketika digunakan saat bermain gim; pergerakan masih terlihat lancar. Namun, jika Anda ingin mendapatkan pengalaman yang lebih mulus lagi, seri Reno5 memang bisa jadi pilihan.

Bodi belakangnya terlihat elegan dengan konsep Flowlight yang tersedia dalam dua pilihan warna yaitu fluid black dan fantastic purple. Namun, lapisannya masih mudah kotor oleh sidik jari.