Find Us On Social Media :

Apa itu Artificial Intelligence? Mari Belajar dari Petunjuk Toilet ini

By Wisnu Nugroho, Minggu, 30 Mei 2021 | 09:55 WIB

Petunjuk toilet ini bisa digunakan untuk menggambarkan teknologi Artificial Intelligence

Saat ini kita rutin mendengar istilah Artificial Intelligence atau AI. Sepertinya hampir semua aspek kehidupan kita mendapat sentuhan AI ini. Semua postingan yang kita lihat di sosial media, saat ini diatur oleh teknologi AI. Saat mencari rute di Google Maps, itu juga ada unsur AI-nya. Intinya, semua kehidupan kita saat ini sudah tersentuh teknologi AI.

Namun banyak dari kita yang mungkin belum paham apa itu Artificial Intelligence, termasuk perbedaannya dengan machine learning, deep learning, dan istilah lainnya. Nah artikel ini akan mencoba menjelaskan definisi itu dengan contoh yang semoga bisa dipahami.

Apa Itu Artificial Intelligence

Secara sederhana, Artificial Intelligence adalah sistem komputer yang bisa meniru cara berpikir manusia dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Sistem komputer berbasis AI ini tetap melakukan fungsi utamanya, yaitu berhitung (ingat, komputer berasal dari kata compute alias menghitung). Namun dengan teknologi AI ini, kemampuan berhitung ini diatur agar bisa meniru cara berpikir manusia.

Agar lebih mudah memahami pengertian Artificial Intelligence, mari kita lihat foto petunjuk toilet di atas. Dari membaca tulisan tersebut, Anda pasti paham maksudnya. Toilet untuk pria ke arah kiri, sementara toilet untuk perempuan ke sebelah kanan.

Anda mungkin juga menangkap humor di balik petunjuk tersebut. “Women is always right” bukan cuma menunjukkan toilet perempuan itu ke kanan, namun juga humor bahwa perempuan selalu benar (atau right).

Bagi manusia, memahami petunjuk tersebut relatif mudah. Namun tidak demikian dengan komputer. Jika sebuah komputer diberi foto petunjuk toilet ini, bagaimana mereka tahu mana toilet pria dan mana toilet perempuan?

Mari kita berkhayal membuat software bernama “Mengenali petunjuk toilet”. Fungsi software ini adalah menebak mana toilet pria, mana toilet perempuan, hanya berdasarkan foto dari sebuah petunjuk toilet. Dari khayalan ini, kita bisa melihat cara kerja Artificial Intelligence.

Jika Software Tanpa AI

Jika software “Mengenali Petunjuk Toilet” ini dibangun tanpa AI, programmer harus mendefinisikan secara jelas bagaimana komputer membaca petunjuk toilet tersebut. Jadi kira-kira script-nya adalah “jika ada teks Men dan panah ke kiri, berarti toilet pria di sebelah kiri”. 

Masalah dari script seperti ini adalah software hanya mengenali objek yang telah ditentukan (yaitu Men dan panah ke kiri) secara spesifik. Jika tulisan “Men” diganti dengan font berbeda, software tanpa AI ini akan bingung. Jika panah dibuat sedikit lebih pendek, software juga akan kesulitan mengenali.

Dengan kata lain, software tanpa AI memiliki keterbatasan dalam mengenali objek yang tidak tertulis di script. Jadi programmer harus menulis semua kemungkinan tulisan “Men” dalam berbagai font atau panah dalam berbagai format ke dalam script software tersebut.