Find Us On Social Media :

HP Luncurkan Dua Program Pendidikan Baru di Indonesia, Apa Saja Itu?

By Rafki Fachrizal, Selasa, 1 Juni 2021 | 13:45 WIB

Peluncuran Program “Semangat Guru Virtual Learning Series” dan “HP LIFE dalam Bahasa Indonesia” yang digelar HP pada Senin (31/05/21).

Pandemi COVID-19 yang terjadi sejak tahun lalu telah memberikan tantangan terhadap berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan.

Tantangan tersebut salah satunya telah membuat permintaan akan sarana pembelajaran baru di antara para guru telah meningkat karena pandemi ini, di mana orang tua dan siswa bekerja dari rumah dan pengajaran dilakukan dari jarak jauh.

Sebagai upaya menjawab tantangan tersebut, perusahaan teknologi HP (Hewlett-Packard) meluncurkan program baru bertajuk “Semangat Guru Virtual Learning Series”, yakni program pembelajaran untuk melatih soft skills para guru di tanah air.

Semangat Guru Virtual Learning Series dikembangkan untuk mendukung guru Indonesia untuk melakukan blended learning yang efektif, dan tersedia melalui platform Guru Belajar & Berbagi milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Kami di HP percaya bahwa pendidikan adalah hak dasar manusia, dan kami berkomitmen untuk memastikan kesetaraan pembelajaran dan digital di Indonesia untuk mendukung program pemerintah,” ujar Fiona Lee, Managing Director HP Indonesia.

Program Semangat Guru Virtual Learning Series akan mendukung para guru agar bisa mendidik para muridnya dengan menggunakan konsep 3E: Educate, Engage and Entertain (Mendidik, Melibatkan, dan Menghibur).

Program ini akan tersedia bagi para guru yang terdaftar di platform Guru Belajar & Berbagi dan dapat menampung hingga ribuan peserta pada tiap kelas virtualnya.

Enam episode pembelajaran akan dipandu oleh pembicara inspirasional untuk membangun soft skills mulai dari keahlian dalam penggunaan teknologi sampai komunikasi.

Para pembicara Semangat Guru termasuk di antaranya Iwan Syahril, Ph.D, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, serta Vivit Kavi dan Vena Annisa, Founders V&V Communications.

Program ini akan dimulai pada bulan Juni 2021, dengan membawa semangat Pancasila yang diperingati pada 1 Juni.

Baca Juga: MediaTek. Intel, HP, dan China Mobile Berkolaborasi Hadirkan PC 5G

Selain program Semangat Guru Virtual Learning Series, program pendidikan lain yang diluncurkan HP adalah program "HP LIFE dalam Bahasa Indonesia", yang merupakan rangkaian kursus online gratis yang berfokus pada keterampilan bisnis dan TI.

Program HP LIFE dalam Bahasa Indonesia akan membantu wirausahawan dan pemilik usaha kecil agar mereka dapat mengakses kursus-kursus seperti perencanaan bisnis dan pemasaran, hingga cara meningkatkan modal dan pola pikir desain.