Find Us On Social Media :

Catat! Ini 5 Cara Menghindari Kejahatan Siber untuk Usia Remaja

By Indah PM, Jumat, 4 Juni 2021 | 14:00 WIB

Cyber attack or computer crime hacking password on a dark background.

Minimnya pengalaman dan belum pernah mengalami pasang surut kehidupan, kerap membuat remaja menjadi sasaran kejahatan siber.

Untuk mencegah hal ini terjadi, berikut beberapa tips dari vendor sekuriti ESET.

1. Remaja kerap ingin mencoba hal baru, termasuk mencari pekerjaan paruh waktu. Jika menemukan tawaran pekerjaan yang terdengar menarik tetapi ragu, sebaiknya lakukan pencarian di web perusahaan tersebut untuk melihat apakah ada sesuatu yang mencurigakan. Perlu diingat juga untuk memberikan informasi pribadi untuk tujuan gaji, hanya setelah dipekerjakan.

2. Saran serupa berlaku dalam hal beasiswa, jika sedang mencari beasiswa, pastikan untuk memeriksa apakah organisasi yang menawarkan beasiswa itu sah dengan melakukan pencarian web atau bahkan menghubungi kantor mereka secara langsung. Jangan pernah juga mentransfer biaya 'pemrosesan' atau 'uang muka' apa pun.

Baca Juga: ESET Ungkap Sepuluh Tanda Komputer Anda Diretas Saat Kerja dari Rumah

3. Salah satu kalimat di dunia maya mengatakan “Sesuatu yang terlalu baik untuk menjadi kenyataan bisa jadi adalah penipuan”. Jadi, jika menemukan barang bermerek edisi terbatas dengan harga yang sangat murah, dapat dipastikan itu adalah scam. Jika masih tertarik, sebaiknya lakukan uji tuntas pada vendor dan teliti mereka untuk melihat apakah memang benar demikian adanya.

4. Jika menerima pesan yang tidak diminta dari seseorang yang tidak dikenal, sebaiknya waspada terutama jika itu berisi tawaran atau tautan yang meragukan. Bagaimanapun, tindakan terbaik adalah mengabaikan pesan dan jangan mengklik tautan dalam pesan tersebut.

5. Jika orang asing mencoba untuk memulai kontak dan dalam beberapa pesan mulai menyatakan mereka jatuh cinta, ini juga bisa menjadi tanda peringatan. Segera lakukan pencarian gambar cepat untuk mengetahui apakah mereka meniru seseorang.

Baca Juga: ESET Beberkan Tips Agar Tidak Terjerat Penipuan di Media Sosial